10 Cara Menangani Computer Lambat

By | January 5, 2013

10 Cara Menangani Komputer Lambat – Sesudah didalam tulisan pada mulanya situs (blog) gaptek ini mengulas perihal sebagian rusaknya pada Komputer layaknya contohnya Komputer hang, Komputer bluescreen, Komputer tidak dapat booting serta Komputer restart sendiri, maka didalam tulisan saat ini saya dapat mengulas perihal 10 perihal yang dapat mengakibatkan Komputer jadi lambat serta cara menangani Komputer lambat.

Tersebut 10 pemicu Komputer lambat serta cara menanganinya.

  • Komputer lambat dikarenakan kekurangan memory

    Problem Komputer lambat dikarenakan minimnya ram yang terpasang adalah perihal yang biasanya telah diketahui oleh seluruh pengguna Komputer.

    Karenanya coba teliti kapasitas memory yang terpasang, untuk Komputer sekelas intel pentium 4 dengan os windows xp serta aplikasi standar baiknya upgrade-lah memory jadi sekurang-kurangnya 1 gb.

  • Komputer lambat dikarenakan terlampau banyaknya program yang terinstall.

    Dengan pribadi saya kerap mendapatkan Komputer terlebih punya pribadi yang di-install berbagai macam program didalamnya, walau sebenarnya aplikasi tersebut jarang atau apalagi tidak dulu dipakai sekalipun.

    Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer lewat cara klik add/remove program di control panel serta un-install program-program yang cuma jadi accesories tersebut.

  • Komputer lambat dikarenakan terlampau banyak startup programs serta service yang jalan.

    Perihal ini terkait dengan point no 2, makin banyak program yang terinstall, makin banyak juga program serta service yang dapat digerakkan saat windows startup.

    Untuk menonaktifkan startup program serta service yang jalan otomatis tersebut, masuklah ke system configuration utility lewat cara tulis : msconfig pada menu run, lantas pada tab service serta startup kerjakan uncheck pada aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan.

    Untuk lihat aplikasi apa saja yang tengah jalan, kita dapat menggunakan tool prosesexplorer. dengan tool ini kita bisa lihat serta menonaktifkan ( kill ) aplikasi apa saja yang tidak dibutuhkan atau dicurigai sebagai virus.

    Download process explorer disini

  • Komputer lambat dikarenakan temporary file yang telah membengkak

    Pemicu Komputer lambat yang ke empat yaitu telah membengkaknya file-file temporary ( sesaat ). untuk windows xp lokasi file tersebut ada di :c :documents and settingsnama_userlocal settingstemp danc :windowstemp.

    Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang ada di ke-2 lokasi tersebut atau lakukan program disk cleanup lewat cara klik start-run, tulis : cleanmgr lantas tentukan drive yang dapat di-cleanup.

  • Komputer lambat dikarenakan terlampau banyak program yang berperan sebagai security program

    Security program layaknya program antivirus serta firewall adalah aplikasi tambahan yang perlu ada pada Komputer, namun jangan sampai terlalu berlebih contohnya install 2-3 program antivirus sekalian.

    Untuk problem security windows, yang terutama yaitu kerjakan up date, aktifkan firewall serta pakai antivirus yang tidak membebani Komputer layaknya contohnya pcmav antivirus dan waspadalah saat menggunakan usb flashdisk / memory card.

  • Komputer lambat dikarenakan problem pada hardisk

    Hardisk adalah komponen ke-2 sesudah ram yang dapat mengakibatkan Komputer jadi lambat. problem Komputer lambat yang dikarenakan oleh hardisk ini salah satunya dikarenakan :

    • hardisk low space
    • hardisk yang terfragmentasi
    • hardisk yang telah lama, hingga rpm-nya menurun
    • hardisk error / bad sector

    Cara menangani Komputer lambat dikarenakan problem pada hardisk di atas yaitu :

    • upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ubah hardisk
    • kerjakan defragmenter pada hardisk dengan berkala
    • hindari hardisk dari debu, goncangan serta panas berlebih.
    • perbaiki rusaknya pada hardisk dengan tool checkdisk.
  • Komputer lambat dikarenakan ada virus, malware atau spyware pada Komputer.

    Jika Komputer kita telah terlebih dulu diserang virus atau malware, maka baiknya lakukan windows safe mode, matikan sarana system restore serta manfaatkanlah program virus cleaner layaknya contohnya norman malware cleaner untuk bersihkan virus atau malware tersebut serta kerjakan juga up date pada sistem operasi.

  • Komputer lambat dikarenakan system files ada yang corrupt atau apalagi hilang.

    Umumnya berlangsung sesudah Komputer terinfeksi virus serta file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. jalan keluar yang sangat mudah yaitu dengan merepair sistem operasi yang dipakai.

  • Komputer lambat dikarenakan problem hardware overheat.

    Hardware overheat baik itu berlangsung pada hardisk, vga card, processor atau cpu dengan umum dapat mengakibatkan berkurangnya kinerja Komputer yang selanjutnya Komputer jadi hang, lambat atau apalagi kerap restart. karenanya yakinkan sirkulasi hawa di bagian didalam cpu jalan dengan baik begitupun pada fan ( kipas angin ) mesti bersih dari debu serta bisa berputar dengan lancar.

  • Komputer lambat dikarenakan ada problem konektifitas pada jaringan / network

    Perihal ini dapat berlangsung dikarenakan trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau ada virus yang coba masuk ke sistem Komputer kita. untuk menanganinya, cobalah terlepas serta pasangkan kembali konektor rj45 pada lan card atau roset lan, restart switch / hub serta pakai program port scanner untuk lihat packet data apa saja yang masuk serta keluar dari Komputer kita.