10 Langkah Praktis Meredakan Rasa Marah

By | August 26, 2013

10 Langkah Praktis Meredakan Rasa Marah – Rasa marah yang berlebihan justru akan membuat suasana menjadi kacau. Oleh karena itu, maka sebisa mungkin kita redam rasa marah tersebut. Dalam postingan kali ini, ijinkan corelita.com sharing 10 langkah praktis untuk meredam rasa marah. Postingan dibawah ini merupakan sebagian anjuran praktis untuk meredam rasa marah.

1. Saat anda marah janganlah menyebutkan apa-apa.

Bila kita bicara didalam rasa marah, kita tentu dapat memperburuk kondisi serta amat berpotensi untuk menyakiti perasaan orang lain. Bila kita bicara didalam rasa marah, kita barangkali bakal mendapatkan bahwa orang-orang dapat menanggapi dengan rasa marah juga, menciptakan suatu lingkaran kemarahan. Tetapi bila kita dapat melindungi untuk terus diam, maka dapat berikan waktu untuk emosi kemarahan meninggalkan kita.

 “ketika marah, berhitunglah hingga sepuluh sebelum anda bicara. Bila anda amat marah, berhitunglah hingga seratus. ”

– thomas jefferson –

2. Acuhkan pada orang-orang yang berupaya membuat kita marah.

Sialnya, sebagian orang barangkali mempunyai kemauan jahat dengan coba membuat anda marah serta mengambil kesenangan dari anda. Tetapi bila kita dapat mengacuhkan kalimat mereka serta tidak merespon dengan langkah apa pun akan provokasi mereka, mereka dapat kehilangan minat serta tidak mengganggu kita di waktu mendatang.

3. Pakai alasan guna menghentikan kemarahan.

Saat kita marah, katakan pada diri sendiri “kemarahan ini tak lagi menolong saya dengan langkah apa pun. Kemarahan ini dapat membuat kondisi lebih jelek. ” Apalagi bila beberapa dari kita tetap marah, keadaan batin kita dapat menolong kita untuk menghindari diri dari emosi kemarahan

4. Berlaku baik pada orang lain.

Visualisasi lain yang dianjurkan oleh seorang guru spiritual yaitu melihat agen kemarahan sebagai anak berumur 5 th.. Bila anda berpikir mengenai orang lain sebagai anak berumur 5 th. yang tidak berdaya, kasih sayang serta pengampunan anda yang bakal nampak. Bila adik kecil anda tidak sengaja menusuk anda, anda tak lagi rasakan kemarahan serta hasrat untuk membalas. Sebaliknya anda cuma bakal merasakan dia terlampau muda serta butuh tahu berbagai macam hal yang lebih baik. Latihan ini barangkali amat bermanfaat untuk anggota keluarga dekat yang terkadang menyebabkan rasa marah anda.

5. Nilai perdamaian mempunyai posisi lebih tinggi di banding rasa marah.

Bila kita menghormati ketenangan pikiran sebagai harta kita yang sangat berharga, kita sudah pasti tak lagi membiarkan kemarahan terus ada didalam sistem kita. Seperti sri chinmoy dulu katakan :

“anda barangkali mempunyai hak untuk marah dengan seseorang, namun perlu anda ketahui bahwa dengan marah kepadanya anda cuma dapat kehilangan kedamaian pikiran anda yang bernilai.. ”

6. Senantiasa berusaha untuk mengerti mereka yang marah pada anda.

Janganlah cemas bila anda mempunyai perasaan untuk membela diri dari kritik mereka. Bila anda bisa terus tenang, mereka barangkali mulai jadi bersalah melampiaskan kemarahan mereka pada anda. Terinspirasi oleh perumpamaan ketenangan anda, mereka dapat sadar serta berupaya untuk lakukan perihal yang sama.

7. Konsentrasi pada suatu hal yang sekalipun tidak sama.

Sebagai contoh seseorang sudah lakukan suatu hal yang membuat anda marah. Pikirkan mengenai suatu hal yang dapat membuat anda bahagia. Penangkal terbaik untuk negatif yaitu konsentrasi pada yang positif.

8. Tarik nafas dalam-dalam.

Tindakan simpel dengan menarik nafas dalam-dalam dapat amat menolong anda saat menghilangkan kemarahan.

9. Meditasi.

Berlatih meditasi dengan teratur bakal membawa kedamaian batin anda kedepan. Bila kita bisa mempunyai akses menuju kedamaian batin, maka kita dapat dapat memakai konsep ini sepanjang masa pengujian.

10. Tersenyum.

Saat kita tersenyum kita meredakan banyak kondisi negatif. Tersenyum yaitu langkah tawarkan niat baik pada orang lain. Tersenyum tidak membutuhkan biaya sepeserpun, selain hanya efisien bisa meredakan kondisi yang tegang akibat hendak marah.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih