5 Langkah Cara Menghilangkan Nafsu Makan

By | August 27, 2013

5 Langkah Cara Menghilangkan Nafsu Makan – Di antara penyebab berat badan lebih mudah naik yaitu sukar menahan rasa lapar. Apalagi, kerapkali saat kita selesai makan namun masih juga merasa lapar. Melindungi perut supaya tidak cepat lapar kembali merupakan kunci guna membatasi jumlah kalori yang masuk.

Dalam postingan kali ini corelita.com hendak sharing 5 langkah yang layak dicoba untuk menekan nafsu makan maupun memperpanjang rasa kenyang.

1. Semakin banyak lemak

Kelihatannya memanglah kontraproduktif, namun konsumsi semakin banyak lemak termasuk salah satu kiat cerdas dalam kurangi berat badan, seandainya lemak yang dipilih pas. Beberapa pakar menyebutkan asam oleic, si lemak baik, dapat menyebabkan usus halus menghasilkan oleoylethanolamide, zat yang dapat mempengaruh sistem saraf serta melepas pesan ke otak bahwa perut sudah kenyang.

Sumber lemak yang baik diantaranya kacang-kacangan, alpukat, serta minyak zaitun murni. Keuntungan lain dari mengonsumsi lemak yaitu menunda pengosongan perut hingga kita jadi kenyang lebih lama.

2. Porsi kecil

Peneliti dari arizona state university mendapatkan bahwa memotong-motong makanan didalam porsi kecil dapat mendorong munculnya kepuasan semakin besar dibanding dengan makan didalam porsi besar, walau jumlah kalorinya sama.

3. Banjir endorfin

Beberapa pakar menyebutkan bahwa aktivitas olahraga bukan hanya membakar kalori serta mempercepat metabolisme, namun juga mengembalikan sensitivitas saraf yang berkenaan dengan kepuasan. Masalah ini selanjutnya dapat membuat kita tidak tergoda ngemil. Bukan hanya olahraga berat yang dapat mendatangkan pengeruh ini, jalan kali sepanjang 15 menit nyatanya cukup efisien.

4. Sarapan

Mulai hari dengan aktivitas yang baik, seperti sarapan. Tak hanya menambah metabolisme, makan pagi juga punya pengaruh besar pada konsumsi makanan. Orang yang malas sarapan konsumsi makanan manis 40 % semakin banyak, konsumsi minuman soda 55 % semakin banyak, dan juga kurang makan sayur serta buah. Sebagian penelitian juga mengatakan orang yang jarang sarapan condong lebih gemuk.

5. Makan perlahan

Penelitian yang dimuat didalam journal of clinical endocrinology & metabolism mendapatkan bahwa makan dengan cepat dapat menghalangi pelepasan hormon yang terkait dengan rasa kenyang. Mengakibatkan, seseorang makan terlalu berlebih. Makan perlahan juga membuat kita jadi lebih senang pada apa yang dimakan.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih