5 langkah meningkatkan kadar kolesterol baik

By | August 27, 2013

5 langkah meningkatkan kadar kolesterol baik – Saat mendengar kata kolesterol, yang terbayang di pikiran sejumlah orang yaitu sumber penyakit. Namun ada type kolesterol baik yang diberi nama hdl ( high density lipoprotein ). Kolesterol ini tidak mengendap di arteri akan tetapi membuat perlindungan pembuluh darah dari sistem terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

Idealnya, kandungan kolesterol baik mesti jumlahnya lebih banyak dari pada kolesterol jahat. Tetapi banyak yang belum tahu bila kandungan kolesterol ini dapat ditingkatkan. Ini dia 5 langkah menambah kadar kolesterol baik, seperti diambil dari womens health.

1. Olahraga

Teratur berolahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa menambah produksi hdl, yakni kandungan kolesterol baik didalam tubuh. Anda dapat memilih kegiatan fisik yang dimau. Misaknya latihan aerobik dengan durasi waktu 30 menit, tiga sampai empat kali dalam 1 minggu.

2. Berhenti merokok

Perokok berat atau merokok cuma untuk iseng, segera hentikan rutinitas buruk itu. Sekecil apa pun asap rokok yang dihisap, dapat menghalangi produksi kolesterol baik dari liver.

3. Turunkan berat badan

Kegemukan adalah penyebab tingginya tingkat kolesterol. Bila indeks massa tubuh jumlahnya melebihi angka 25, segera mencari langkah yang sehat untuk turunkan berat badan. Bukan sekedar memperoleh berat badan ideal, namun juga menambah kolesterol baik serta memangkas kolesterol jahat.

4. Mengonsumsi lemak sehat

Mengonsumsi asam lemak tidak jenuh sudah dapat dibuktikan dapat bantu menambah kandungan kolesterol baik. Tinggalkan mentega, gorengan serta makanan memiliki kandungan lemak trans dan lemak jemu. Tambahkan lemak sehat yang ada didalam alpukat, salmon, sarden fresh serta minyak zaitun ke menu diet anda.

5. Berlaku optimis

Ditulis detikhealth, didalam penelitian yang dikerjakan beberapa ilmuwan harvard school of public health di boston, ditemukan bahwa orang dewasa yang senantiasa optimis serta berpandangan positif, mempunyai kandungan kolesterol baik didalam darahnya. Kolesterol baik ini adalah di antara factor penentu kesehatan jantung.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih