Anak Cerdas Bukan hanya Cuma Faktor Keturunan Saja

By | November 25, 2013

Anak Cerdas Bukan hanya Cuma Faktor Keturunan Saja – Asumsi bahwasanya kecerdasan anak cuma bisa di turunkan oleh orangtua yang juga cerdas, nampaknya mesti dirubah. Dengan gizi serta stimulasi yang pas Anda juga dapat cetak anak cerdas serta kreatif. Anak-anak perlu konsumsi makanan yang pas serta seimbang guna menanggung perkembangan fisik serta otak yang maksimal.

Riset tunjukkan bahwasanya sumbangan factor genetis pada intelegensi seorang berkisar 40-80 % saja. “Kita tak dapat mengukur berapakah persentasi kecerdasan yang di turunkan. Yang pasti anak yang cerdas juga mesti distimulasi kekuatan berpikirnya supaya kecerdasannya nampak, ” ungkap psikolog Roslina Verauli. Tetapi apabila Anda merasa kecerdasan Anda tergolong rata-rata, tidak perlu cemas nanti si kecil otaknya kurang “encer”. Pasalnya ada factor lain yang tidak kalah penting dalam kecerdasan anak, yaitu gizi serta pola asuh orangtua (lingkungan).

Gizi yang baik seperti bahan bakar untuk otak. Perubahan sirkuit otak benar-benar tergantung pada mutu nutrisi serta stimulasi yang didapatkan pada balita dari dalam kandungan hingga umur tiga th. pertama, atau dimaksud saat emas perkembangan (golden age period). Cepatnya perkembangan sel otak manusia pada umur bayi sampai umur tiga th. serta mencapai kesempurnaannya di umur lima th., bikin factor pemenuhan gizi untuk factor yang vital. “Sampai usia satu tahun, 60% daya makanan bayi dipakai untuk perkembangan otak, ” ungkap dr. Soedjatmiko, Sp. A (K), dokter spesialis anak konsultas tumbuh kembang. Oleh karenanya bayi serta balita memerlukan banyak protein, karbohidrat, serta lemak.

Diluar itu bayi serta balita memerlukan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphyngomyelin (kompleks lipid kandungan lemak di otak), sialic acid, serta asam-asam amino seperti tyrosine serta tryptophan.

 “ASI memiliki kandungan seluruh keperluan itu, termasuk AA, DHA, ” ungkap Soedjatmiko, Dengan nutrisi yang seimbang, semakin banyak jumlah sel otak bayi. “Makin banyak mutu percabangan sel otak, semakin bagus manfaat sinaps (ujung sel saraf) pada beberapa sel otak, semakin cerdas seseorang anak, ” tutur Soedjatmiko.

Berikanlah Stimulasi Yang Tepat

Mengingat pentingnya periode emas ini dalam saat perkembangan anak, orangtua serta guru butuh berikan stimulasi yang cukup untuk anak. Lantaran cuma dengan stimulasi, perubahan kognisi, sosial serta emosi anak dapat meraih langkah yang maksimal.

Merangsang kecerdasan anak dapat dikerjakan dari awal, juga dari dalam kandungan terus-terusan tiap-tiap hari dengan stimulasi yang beragam serta teratur, dengan merangsang otak kiri serta otak kanan berbarengan. Banyak latihan serta pemberian cara yang pas untuk merangsang otak kiri serta kanan. “Stimulasi bakal merubah perkembangan sinaps yang memerlukan sialic acid untuk membuat gangliosida, yang penting untuk kecepatan sistem evaluasi serta memori, ” lanjut Soedjatmiko.

Diluar itu, rangsangan yang beragam serta dikerjakan dengan kasih sayang bakal melipatgandakan jumlah jalinan antar sel otak hingga membuat sirkuit otak yang lebih kompleks, canggih, serta kuat, hingga kecerdasan anak makin tinggi serta beragam (multiple inteligence).

Menurut Roslina Verauli, untuk berikan stimulasi yang pas orangtua mesti sensitif pada kekuatan anak. “Ajak anak bermain sesuai dengan minatnya. Ajak juga anak lihat beragam area, janganlah cuma ke mall saja, ” ungkap psikolog yang akrab di sapa Vera ini.

Vera juga merekomendasikan supaya orangtua berikan rumah yang kaya sarana penunjang kecerdasan, seperti ada buku- buku, alat musik, juga halaman dan area anak bermain. “Bila tidak mempunyai halaman, sesekali ajak anak ke lapangan atau taman umum, ” cetusnya.

Paling akhir yaitu stimulasi berbentuk pendidikan serta kursus yang cukup. “Selain sekolah, ikutkan anak pada aktivitas eskul. Namun bukan hanya les matematika, tetapi yang terkait dengan ketertarikan anak. Apabila dua th. tak ada perubahan, stop, ubah dengan eskul lain, ” tutur psikolog yang kerap jadi narasumber di beragam media ini.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih