Bagian-bagian Cartridge Printer Inkjet | Corelita
Bagian-bagian Cartridge Printer Inkjet

Bagian-bagian Cartridge Printer Inkjet

Bagian-bagian Cartridge Printer Inkjet – Bagian cartridge pada printer inkjet berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta lewat cara disemprotkan, sudah pasti tinta dapat disemprotkan ke kertas, hingga bisa membentuk hasil cetakan pas serta tepat dengan perintah yang didapatkan dari rangkaian elektronik yang berasal dari komputer.

Bagian-bagian cartridge terdiri atas:

Rumah cartridge : Berdasarkan namanya, rumah cartridg berperan untuk meletakkan cartridge. pada rumah cartridge ada konektor yang berpasangan yang saling terhubung dengan chip cartridge.

Rumah Cartridge Printer Jenis Epson

Rumah Cartridge Printer Jenis Canon

Ink tank : Area untuk menyimpan tinta pada cartridge atau bisa disebut tempat menampung tinta

Ink Tank Printer Jenis Epson

Chip : rangkaian elektronika yang berukuran mini dimana posisinya sudah ada didalam dicartridge, ada konektor yang dipasang dimana menghubungkan ke konektor pada rumah cartridge.

 

Head cartridge : Area jalur keluarnya tinta, ada nozzle dengan lubang-lubang saluran tinta dengan garis tengah yang amat kecil, ukurannya jauh lebih kecil dari rambut manusia. disebabkan saking kecilnya ukuran tersebut yang mengakibatkan berlangsungnya masalah pada cartridge, seperti : mampet/tersumbat, bocor, tergores, dan lain-lain.

Head Printer Jenis Epson 
  • Untuk jenis cartridge epson : Biasanya pada head serta ink tank dapat dilepaskan ( terpisah ).
  • Untuk jenis cartridge canon : Biasanya pada head serta ink tank gabung jadi satu, terkecuali pada printer canon kelas high end pada canon seri ip4970, ix6560, ip6550, mg5170, mg5270, mx886, dan printer-printer yang lainnya.
  • Untuk jenis cartridge Hp : Biasanya pada head serta ink tank gabung jadi satu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih

Leave a Reply