Bagian-Bagian Mekanik Printer Inkjet

By | August 14, 2013

Bagian-Bagian Mekanik Printer Inkjet – Bagian mekanik printer demikian kompleks, banyak bagian-bagian yang terkait satu part dengan part yang lain saling bekerja bersama, cocok dengan perintah yang didapatkan dari rangkaian elektronik. Lain merk maupun jenis printernya, part susunannya lalu tidak sama. tetapi dari seluruh printer inkjet entah itu Canon, HP, maupun Epson ( atau yang lain ) sesungguhnya pada prinsipnya memiliki cara kerja yang sama. Tiap-tiap sisi part-nya juga sesungguhnya memiliki fungsinya sama pada merk maupun jenis printer yang tidak sama, tetapi wujud susunan part masing-masing dibikin tidak sama disesuaikan dengan keperluan tiap-tiap merk atau jenis printer.

Untuk lebih mempermudah penjelasan saja, bagian mekanik printer dibagi jadi 3 bagian ( bila ada yang pingin menambah silakan… ) :

  1. Mekanik penggerak kertas : cocok dengan namanya, bagian mekanik ini berfungsi mengatur jalannya kertas dimulai dari menarik kertas dari dudukan kertas hingga mengatur jalannya kertas waktu cartridge mencetak pada kertas.
  2. Mekanik penggerak cartridge : cocok dengan namanya, bagian mekanik ini berfungsi mengatur pergerakan cartridge waktu mencetak ke kertas.
  3. Mekanik bagian vaccum penyedot cartridge : bagian  ini berfungsi bersihkan serta menyedot tinta pada head cartridge yang menyumbat maupun menghalangi head cartridge, hingga pada waktu head cartridge mencetak/menyemprotkan tinta pada kertas, tinta dapat keluar dengan lancar ( pada printer hp seri low end, umumnya tidak dilengkapi dengan bagaian vaccum penyedot tersebut).

Seluruh bagian mekanik ini bekerja tepat dengan tugasnya masing-masing, saling bekerja bersama, bekerja tepat dengan perintah instruksi yang didapatkan dari rangkaian elektronik yang sumber instruksinya berasal dari komputer. Wow.. sebuah sistem kerja yang menarik untuk dipelajari.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih