Beberapa Alasan Memiliki dan Menggunakan Laptop

By | September 10, 2012

Beberapa Alasan Memiliki dan Menggunakan Laptopcorelita.com РSiapa sih, yang tidak ingin memiliki komputer portabel alias laptop? Pada zaman serba terkomputerisasi, keberadaan laptop sangatlah penting. Apalagi, bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, Anda bisa mengerjakan semua  pekerjaan kantor di mana dan kapan saja. Tidak hanya untuk pekerjaan kantor, laptop juga bisa menunjang kehidupan sehari hari Anda bersama keluarga.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berada di luar rumah dengan laptop.

Mem-Back up Dokumentasi

Mentransfer Foto dan Video dan Kamera ke Laptop Selain makanan, barang-barang logistik, dan kamera, laptop juga bisa Anda pertimbangkan untuk dibawa saat bepergian. Laptop bisa Anda pakai untuk mem-back up foto atau video yang diambil dan kamera digital, kamera video digital, atau kamera handphone. Dengan cara demikian, jika Anda kehilangan kamera, Anda masih memiliki gambar yang telah disimpan di laptop. Anda juga dapat menggunakan laptop untuk menyimpan gambar ketika memory card kamera Anda telah penuh. Karenanya, ada baiknya Anda juga selalu membawa perangkat tambahan memory card reader atau kabel data untuk menghubungkan kamera ke laptop ketika akan bepergian. Hal ini tidak berlaku jika laptop Anda sudah terpasang fasilitas memory card reader,

Mem-back up Foto dan Video ke CD

Kadangkala, karena jarak tempat tinggal teman dengan kita yang jauh. mereka langsung meminta koleksi foto atau video yang baru saja kita buat bersama teman-teman di tempat rekreasi. Nah, jika mereka tidak membawa flashdisk atau storage lainnya, Anda bisa membakarnya dl CD atau DVD. Pada Windows XP atau versi di atasnya, kita tidak memerlukan software khusus untuk membakar CD dokumen biasa, seperti gambar, dokumen, atau lagu.

Menyimpan Dokumentasi dalam Blog

Jika Anda sering bepergian (piknik), tentu akan lebih berkesan apabila perjalanan Anda bisa didokumentasikan ke dalam bentuk tulisan. Saat ini, sedang trend ngeblog. Tentu saja, Anda pun bisa sharing kisah perjalanan Anda melalul blog. Atau Anda senang menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran Anda, semua bisa dituangkan dalam blog tersebut. Demikian juga dengan dokumentasi foto dan video yang menyertai tulisan, dapat juga ditempatkan di blog.

Selain berfungsi sebagai alat berbagi dengan orang lain, penempatan tulisan maupun dokumentasi foto di blog, secara tidak langsung bisa digunakan sebagai back up gratis. Apabila file atau dokumentasi foto di harddisk hilang, Anda masih punya salmann ya di arsip blog. Salah satu situs web yang menyediakan fasilitas blog gratis adalah Blogger (www.blogspot.com).

Memonitor Kondisi Rumah

Apabila Anda sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, apalagi dalam jangka waktu yang lama, tentu akan muncul perasaan was-was. Apakah rumah aman-aman saja? Cukupkah satpam lingkungan rumah menjaga rumah? Anda tentu ingin mengetahui dengan pasti bahwa kondisi rumah baik-baik saja ketika ditinggalkan.

Dengan teknologi dan fasilitas yang sudah dimiliki laptop, Anda bisa sedikit menepis bahkan menghilangkan perasaan was-was tersebut. Fasilitas webcam di laptop akan membantu Anda. Namun, Anda juga harus memasang fasilitas webcam di rumah. Sehingga Anda senanriasa bisa memonitor kondisi rumah menggunakan webcam yang terhubung ke laptop, selama laptop memiliki koneksi internet.

Ketika Anda bepergian, baik ketika urusan kantor maupun rekreasi ke luar kota, ketersediaan koneksi Internet sangat vital. Untuk itu, Anda bisa menggunakan fasilitas hotspot yang ada di tempat rekreasi maupun hotel. Atau, Anda juga bisa menggunakan handphone untuk menghubungkan laptop ke internet, khususnya handphone yang memiliki fasilitas 3G. Untuk Anda yang biasa menggunakan, Yahoo! Messenger bisa membantu untuk memantau kondisi rumah Anda melalui webcam.

Menyimpan Halaman Web Penting

Terkadang, saat Anda mau bepergian, Anda masih harus mengerjakan pekerjaan kantor. Tak jarang juga Anda harus menyediakan koneksi internet karena pekerjaan itu berkaitan dengan beberapa situs web yang menjadi bahan laporan. Nah, agar Anda bisa berh emat, sebelum bepergian, Anda salin dulu halaman web yang menjadi bahan laporan tersebut. Sehingga ketika membutuhkann ya, Anda tidak harus terkoneksi lagi ke internet, tetapi Anda cukup membuka salinan halaman web atau biasa disebut offline webpage.

Melihat Daftar Kontak yang Tidak Ada di Handphone

Nomor telepon merupakan salah satu inhormasi penting yang wajib Anda miliki. Baik untuk keperluan, misalnya, ketika ke luar kota maupun ketersediaan nomor-nomor penting relasi untuk situasi darurat. Menggunakan laptop, Anda bisa menyimpan nomor-nomor telepon dan data kontak lainnya sebagai back up apabila handphone Anda bermasalah, yaitu dengan mengopy paste

Menonton Film

Tidak sedikit orang yang mempunyal hobi menonton film di bioskop. Selain sebagai hobi, menonton film di bioskop juga bisa dijadikan sarana rekreasi keluarga. Namun, tidak sedikit juga orang yang tidak dapat menyalurkan hobinya tersebut karena ada keterbatasan. Bisa karena waktu yang terbatas, banyaknya aktivitas kerja, atau kesempatan yang tidak sama dengan anggota keluarga yang lain.

Nah, laptop bisa menjadi solusi adanya keterbatasan tersebut. Apalagi laptop produk mutakhir yang memiliki spesifikasi lengkap dan kemampuan tinggi. Menonton film di laptop bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan juga.

Mendengarkan Musik

Salah satu aplikasi yang paling sering dipakai dengan laptop adalah mendengarkan musik. Untuk mendengarkan musik dapat menggunakan Windows Media Player, sebagai bawaan default dan Windows. Apabila Anda ingin yang lain, bisa juga dengan menginstal software Winamp yang dapat kita download secara gratis di sini