Cara cloning Windows dengan cepat

By | November 18, 2016

Cara cloning Windows dengan cepat – Tujuan dari proses kloning Windows adalah supaya proses instalasi sistem operasi dan instalasi software aplikasi bisa berjalan dengan cermat. Apabila kita melakukan instalasi komputer menggunakan sistem operasi secara normal, maka kita membutuhkan waktu setidaknya 2 jam. Berbeda jika kita melakukan cloning Windows maka tentunya proses instalasi sistem operasi dan juga aplikasi bisa dipangkas waktunya.

Cloning Windows tentunya adalah sebuah metode dimana kita menduplikat sebuah partisi ke partisi lain di hardisk yang berbeda supaya artis yang melakukan cloning tersebut bisa berfungsi layaknya hardisk yang dikloning. Ada beberapa software yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan cloning Windows dengan cepat dan tentunya artis yang mengkloning tadi akan berfungsi proses layarnya hardisk yang dikloning.

Cara cloning Windows dengan sampah tentunya bisa dilakukan dengan memasang 2 hardisk sekaligus secara bersamaan didalam sebuah komputer. Satu adalah hardisk yang berfungsi untuk dikloning dimana sudah berisi sistem operasi Windows dan juga sobat aplikasinya, sementara hardisk yang kedua merupakan harddisk yang nantinya digunakan untuk menampung hasil kloningan.

Setelah itu anda cukup melakukan proses mengkloning dengan menggunakan beberapa software yang sekarang ini sudah banyak bertebaran di internet. Pertama yang bisa anda gunakan untuk melakukan proses kloning adalah easeus todo backup. Software easeus todo backup adalah salah satu software cloning yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan proses kloning dan berjalan di atas sistem operasi Windows. Software easeus todo backup juga adalah salah software yang termudah dalam proses backup nya karena menggunakan interface grafis yang mudah untuk dipahami.

Software berikutnya yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan cloning Windows adalah norton ghost. Software norton ghost ini ada yang berdiri sendiri dan ada juga yang include di dalam software hiren boot CD. Anda cukup mencari software norton ghost apabila memang anda menginginkan untuk menjalankan norton ghost secara terpisah. Namun apabila anda tidak ingin repot mencari norton ghost dan sekaligus nanti membuat media bootablenya, maka anda bisa mencari software hiren boot CD yang biasanya sudah dikemas dalam format iso. Format iso ersebut bisa anda burning langsung pada media CD.

Dengan memanfaatkan salah satu dari dua software cloning Windows tersebut, anda sudah bisa melakukan kloning sistem operasi Windows dengan cepat dan mudah. Perkiraan waktu untuk proses kloning Windows tersebut kurang dari setengah jam. Tentunya waktu tersebut sangat sedikit apabila dibandingkan dengan proses instalasi Windows secara normal.

Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara cloning Windows dengan cepat dan mudah. Mudah-mudahan artikel singkat pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan selamat mencoba.