Cara dan Langkah Modifikasi Daihatsu Grand Max

By | December 13, 2013

Cara dan Langkah Modifikasi Daihatsu Grand Max – Daihatsu Gran Max cocoknya memanglah untuk kendaraan niaga, karena design bodinya memanglah dibikin lapang, hingga daya angkutnya semakin besar. Bermula dari sini lah nampak inspirasi untuk bikin kafe jalan, berbasis Gran Max pikap. Dimulai dari keinginan suatu perusahaan on-line trading (saham) bernama Forte, yang masih satu group dengan produsen satu diantara product kopi populer, untuk membuat kendaraan niaga berkonsep mobile cafe.

Usulan ini disambut baik oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang sediakan unit yang pernah didisplay di IIMS 2011 lalu. Sesungguhnya pihak ADM memanglah telah memiliki gagasan untuk bangun mobil sama memakai varian Gran Max andalannya itu.

Menurut Mark Widjaja, styling designer ADM, inspirasi yang diserahkan Forte kebetulan cocok dengan planning perusahaan dimana Ia bekerja waktu ini. “Konsepnya memanglah buat utilitas, bukan sekedar untuk kafe, barangkali yang akan datang dapat jadikan mobile car dengan format yang berlainan sesuai keperluan, ” ungkap desainer Gran Max 1. 500 cc ini.

Proyek modifikasi ini mulai ditangani dari Mei 2011, dengan memakai basis dari Gran Max pikap versi ekspor. Sistem pembuatan bodi ditangani karoseri Roda Suara Karya, Bitung, Tangerang.

Pada step ini dikerjakan sistem peninggian pada bodi belakangnya, terhitung membuat pintu ukuran lebar pada ke-2 sisi bodi mobil, dan membuat backdoor yang sama sesuai dengan design total.

Pintu belakang memakai bahan serat fiber, yang dirancang jenis sandwitch untuk sisi luar serta dalamnya. “Dalamnya memanglah berniat dibikin kopong, agar mudah bila di buka. Untuk pintu samping kanan-kiri, dibikin berbahan plastik agar lebih elastis bila dibuka-tutup, ” terang Mark.

Masalah interior dikerjakan Baze Audio punya Bari di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar. “Rancang-bangun interior mencakup pembuatan meja, penempatan beberapa barang yang dibutuhkan dan menaikkan system elektroniknya. Semua pelaksanaan interior mengonsumsi waktu sepanjang 3 minggu, ” urai pria berkacamata ini.

Menurut Bari, hambatan waktu pelaksanaan mobil kafe ini seperti area gerak yang benar-benar minim. Diluar itu, banyak perabotan yang butuh dipasang didalam mobil, mesti didesain sedemikian rupa supaya seseorang operator dapat melayani dengan leluasa dari dalam mobil.

Untuk peralatan kafe, semuanya disuplai oleh Forte. Seperti cooler case display, water dispenser, coffee maker, warmer food display, mesin kasir, generator set, bangku serta system audio. “Semua peralatan ini mesti dapat dibawa masuk ke dalam mobil serta terpasang dengan kuat. Sumber listrik semuanya memercayakan genset 5 kVA, ” tutur Bari.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih