Cara ghost Windows 7

By | October 19, 2016

Cara ghost Windows 7 – Istilah ghost Windows merupakan istilah yang digunakan pada jaman dahulu untuk melakukan duplikat atau kloning pada partisi atau hardisk. Tujuan dari proses ghost Windows adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses instalasi sebuah sistem operasi sehingga kita bisa melakukan duplikat sistem operasi pada sebuah partisi atau hardisk dengan cepat. Ghost Windows pada jaman dahulu menggunakan software norton ghost, namun untuk sekarang ada beberapa software yang bisa kita gunakan untuk melakukan proses atau kloning pada sistem operasi Windows 7.

Beberapa hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan proses cosinus 7 adalah dengan memasang dua hardisk pada satu komputer. Satu hardisk adalah berisi sistem operasi Windows 7 yang akan di ghost, satunya lagi adalah kertas kosong yang nantinya digunakan untuk menyimpan hasil ghost Windows 7.

Selanjutnya anda juga harus mempersiapkan software ghost. Software yang paling terkenal untuk melakukan ghost adalah software norton ghost. Anda bisa memanfaatkan sumber norton ghost untuk melakukan cost pada Windows 7. Namun apabila anda ingin mencoba menggunakan software lain, maka anda bisa memanfaatkan sumber dengan nama easeus todo backup. Software yang terakhir ini juga merupakan salah satu software yang bisa digunakan untuk melakukan ghost Windows 7, bahkan lebih mudah karena sudah menggunakan interface gui dan berjalan di atas sistem operasi Windows

Apabila anda menggunakan software norton ghost, maka anda harus membuat media portable untuk menjalankan software norton ghost tersebut. Hal tersebut dikarenakan sumber norton ghost berjalan bukan diatas sistem operasi Windows sehingga anda harus mensetting bios komputer supaya media pertama yang nantinya dibaca adalah CD yang berisi software norton ghost tersebut.

Berbeda dengan software easeus todo backup, di mana software tersebut berjalan di atas sistem operasi Windows. Anda cukup menginstal software easeus todo backup tersebut di Windows 7 yang ada di ghost, lalu menjalankan software tersebut dan memilih menu backup. Setelah itu maka secara otomatis hardisk yang satu akan di cloning ke hardisk yang satunya lagi. Anda bisa memilih targetnya masing-masing.

Lalu software mana yang hendak anda pilih untuk melakukan ghost Windows 7? Hal tersebut tentunya kembali kepada diri anda masing-masing. Ada yang masih senang menggunakan norton ghost karena software tersebut merupakan software yang cukup ringan dan tentunya cukup legendaris bagi para pemain sistem operasi, namun sekarang ini banyak juga yang sudah beralih ke software easeus todo backup karena kemudahannya dalam menggunakan.

Sekian bahasan mengenai cara ghost Windows 7 yang bisa saya jabarkan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan sedikit informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan selamat mencoba.