Cara instal ulang komputer sesuai dengan kebutuhan

By | October 4, 2016

Cara instal ulang komputer sesuai dengan kebutuhan – Komputer yang sudah lama digunakan kadangkala mengalami berbagai macam masalah, mulai dari serangan virus yang membuat sistem operasi menjadi rusak sampai dengan kinerja komputer yang semakin menurun seiring panjangnya software aplikasi yang terinstal di dalamnya. Untuk mengatasi hal tersebut banyak dari pengguna komputer yang melakukan instal ulang komputer sehingga komputer bisa kembali menjadi sehat dan tentunya memiliki kesempatan kerja yang maksimal.

Dari latar belakang itulah dibutuhkan cara instal ulang komputer sesuai dengan keperluan yang diinginkan.-hentinya ketika kita hendak melakukan instal ulang komputer maka ada beberapa tahap yang perlu kita persiapkan sekaligus perlu kita pelajari supaya kita tidak merasa kebingungan ketika sudah memulai proses install ulang komputer tersebut.

Sebelum melakukan proses install ulang komputer sesuai dengan kebutuhan, maka anda harus mempersiapkan beberapa bahan dan alat untuk keperluan install ulang komputer tersebut. Beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan adalah mulai dari sistem operasi yang hendak di instal, software driver dari masing-masing hardware komputer, software antivirus dan tentunya software aplikasi yang nantinya digunakan untuk bekerja.

Setelah anda mempersiapkan seluruh kebutuhan bahan dan alat pada kegiatan install ulang komputer, maka langkah pertama untuk memulai proses install ulang komputer adalah melakukan setting bios supaya pada saat komputer menyala maka bagian pertama kali yang dibaca adalah media CD atau DVD. Untuk masuk dan melakukan setting bios tersebut, anda bisa menekan tombol del atau tombol yang lain sesuai dengan petunjuk yang muncul pada saat komputer baru dinyalakan.

Setelah anda berhasil melakukan konfigurasi supaya bagian pertama yang dibaca adalah CD atau DVD pada komputer, maka langkah selanjutnya adalah proses persiapan dari kegiatan install ulang komputer tersebut. Sesaat setelah anda melakukan penyimpanan setting bios, maka komputer akan merestart dan nantinya setelah komputer menyala kembali, maka media yang pertama akan di baca adalah media CD atau DVD yang sudah berada pada optical drive.

Setelah itu maka tentunya akan dilanjutkan dengan proses instalasi awal pada sistem operasi komputer. Pada proses instalasi sistem operasi Windows maka akan dimunculkan banyak informasi mengenai lisensi dan juga petunjuk teknis mengenai cara instal software sistem operasi tersebut.

Pada bagian tersebut anda juga akan melewati proses pembagian partisi hardisk guna menjaga keamanan data yang ada di dalam hardisk sehingga antara partisi yang satu dengan partisi yang lain tidak akan bisa saling terganggu. Setelah anda melakukan proses pembagian partisi hardisk, maka langkah selanjutnya adalah proses memulai instalasi sistem operasi komputer.

Silahkan anda ikuti petunjuk teknis yang ditampilkan pada layar untuk menyelesaikan proses install ulang komputer sesuai dengan kebutuhan. Apabila anda sudah cukup familiar dengan bahasa inggris walaupun pasif, tentu anda akan sangat mudah untuk menyelesaikan proses instalasi ulang komputer tersebut.

Setelah anda selesai melakukan proses install ulang komputer, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses instal software driver. Tujuan dari proses melakukan instal driver software adalah supaya hardware komputer yang terpasang bisa bekerja secara maksimal. Beberapa bagian dari komponen yang biasanya tidak langsung ikut terdeteksi adalah kartu grafis, kartu suara, kartu firewire dan beberapa jenis kartu lainnya.

Setelah anda selesai melakukan instalasi driver komputer, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi software aplikasi dan juga software antivirus. Usahakan untuk melakukan instalasi software aplikasi sesuai dengan kebutuhannya saja. Jangan terlalu banyak melakukan instalasi software sehingga nantinya bisa berakibat komputer akan menjadi lebih pelan dalam bekerja.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara install ulang komputer sesuai dengan kebutuhan, sehingga anda tidak perlu lagi pergi ke teknisi komputer guna melakukan instalasi sistem operasi software komputer. Terima kasih dan selamat mencoba.