Cara instal ulang Windows 7

By | February 22, 2016

Cara instal ulang Windows 7 – Install ulang Windows 7 memiliki kemudahan dibandingkan dengan instalasi Windows versi sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan interface atau tampilan dari proses instal ulang Windows 7 sudah berbasis grafik user interface atau gui. Perbedaan dengan tahapan install ulang Windows versi sebelumnya yang sebagian proses instal ulang nya masih menggunakan interface teks.

Namun walaupun proses instal ulang Windows 7 tergolong muda, bagi anda yang jarang melakukan instal ulang Windows tentunya masih perlu adanya tutorial yang bermanfaat sebagai referensi dan panduan untuk melakukannya. Dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan dengan anda mengenai tahapan dan cara instal ulang Windows 7 sesuai dengan urutan yang benar.

Sebelum memulai proses instal ulang Windows 7 alangkah baiknya kita mempersiapkan berbagai macam bahan alat yang diperlukan, yaitu DVD master Windows 7 software driver untuk hardware yang digunakan pada komputer dan aplikasi. Setelah anda mempersiapkan seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan, proses instal ulang Windows 7 bisa dilakukan.

Langkah pertama yang perlu anda kerjakan adalah melakukan setting bios supaya media pertama yang bisa terbaca adalah media DVD. Tujuannya adalah supaya pada saat komputer baru dinyalakan, media yang pertama kali dibaca pada komputer adalah DVD master Windows 7. Dengan begitu maka proses instal ulang Windows 7 bisa berjalan. Setelah proses setting bio selesai biasanya komputer akan meminta restart untuk mengaplikasikan penyimpanan settingan bios.

Setelah komputer restart, maka setiap DVD Windows 7 akan langsung dipasang. Biasanya akan muncul sebuah pesan press any key to boot from DVD. Silahkan anda tekan sembarang tombol pada keyboard untuk memulai proses instal ulang Windows 7. Dari tahapan ini silahkan anda ikuti terus petunjuk yang ada pada layar. Walaupun menggunakan interface bahasa inggris, namun saya yakin bahwa pengguna komputer saat ini sudah cukup familiar dengan menu-menu yang ada pada komputer, termasuk adalah memahami petunjuk-petunjuk yang ada pada layar di tahap instal ulang Windows 7 tersebut.

Proses instal ulang Windows 7 memakan waktu hingga 1 jam lebih. Untuk itulah anda harus bersabar dan ikuti terus hingga proses instal ulang Windows 7 selesai. Setelah proses instal ulang Windows 7 selesai, maka tahapan berikutnya adalah instal driver untuk hardware komputer. Melakukan penginstalan driver untuk hardware komputer secara keseluruhan. Driver hardware komputer biasanya disertakan pada saat anda membeli, terbaru atau pada saat anda membeli komputer baru.

Namun apabila anda tidak memiliki software driver maka anda bisa meminjam software driver ke teman yang memiliki driver yang sama dengan komputer yang kita gunakan. Apabila tidak ada teman yang memilikinya maka jalan lain yang bisa anda tempuh adalah dengan men-download langsung software driver di internet. Download driver dengan versi yang terbaru.

Setelah penginstalan software driver selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi software aplikasi termasuk di dalamnya adalah software antivirus yang digunakan untuk menjaga keamanan dari komputer kita. Diharapkan anda melakukan instalasi software aplikasi sesuai dengan kebutuhannya saja jangan terlalu berlebih atau melakukan instal ulang software yang tidak dibutuhkan. Hal tersebut bisa berimbas pada performa komputer yang semakin menurun seiring dengan penambahan jumlah software aplikasi.

Dan selesai sudah tahapan instal ulang Windows 7. Setelah anda selesai dalam proses penginstalan software aplikasi, maka komputer tersebut sudah siap untuk digunakan. Mudah-mudahan artikel pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih dan selamat menginstal Windows 7.