Cara instal ulang Windows

By | June 21, 2017

Cara instal ulang Windows – Install ulang sistem operasi Windows biasanya dilakukan manakala sistem operasi tersebut mengalami kerusakan. Seperti kita ketahui bersama bahwa Windows adalah salah satu sistem operasi yang cukup rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh virus atau proses penggunaan itu sendiri.

Apabila sebuah komputer dengan sistem operasi Windows terserang virus, biasanya akan ada sebuah file yang mengalami kerusakan. Apabila file yang mengalami kerusakan adalah file sistem, yang bisa mengakibatkan sistem operasi tersebut rusak dan tidak bisa loading.

Kpk proses penggunaan tidak sesuai dengan prosedur yang diterapkan. Komputer yang sering dimatikan langsung dari tombol power atau mencabut kabel power dari jaringan listrik biasanya rentan sekali terhadap kerusakan. Tersebut dikarenakan adanya file yang korup akibat putusnya aliran listrik secara mendadak.

Apabila anda mengalami permasalahan dari sistem operasi Windows maka langkah jitu yang bisa ditempuh adalah dengan cara melakukan instal ulang. Melakukan instal ulang Windows adalah memasang sistem operasi Windows tersebut ke dalam komputer. Proses instal ulang biasanya memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika aplikasi yang dipasang setelah proses instal ulang Windows jumlahnya cukup banyak.

Namun walaupun demikian karena kebutuhan kita harus melakukan instal ulang sistem operasi Windows. Urutan pertama yang harus dilakukan pada proses melakukan instal ulang Windows adalah dengan mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Bahan dan alat yang dibutuhkan meliputi master Windows, software driver, software antivirus dan software aplikasi.

Setelah alat dan bahan dipersiapkan, yang selanjutnya adalah memulai proses instal ulang Windows. Langkah pertama silahkan anda septio supaya media pertama yang dibaca pada saat pertama kali menyala adalah media CD atau DVD. Setelah itu masukkan CD atau DVD master Windows dan melakukan freestyle komputer. Setelah komputer menyala kembali maka otomatis master CD atau DVD dari Windows akan terbaca.

Ikutilah langkah-langkah yang sudah ditunjukkan pada layar instalasi Windows tersebut. Proses instalasi Windows tidaklah terlalu rumit, sudah di bantu dengan petunjuk yang cukup jelas. Pada, ini anda memang tidak bisa menghindari untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa interfacenya.

Kerjakan proses instal ulang Windows tersebut dari awal sampai akhir. Setelah proses install ulang Windows selesai, langkah berikutnya adalah proses penginstalan software driver. Melakukan penginstalan software driver sesuai dengan hardware yang dipasang pada komputer yang bersangkutan. Biasanya software driver disertakan ketika kita membeli baru atau komputer baru. Jadi anda tidak perlu repot repot lagi untuk mendownloadnya. Namun apabila anda tidak memiliki, maka tidak ada jalan lain kecuali meminta bantuan untuk mengkopi driver milik teman atau men-download langsung di internet.

Setelah proses instalasi peripheral adalah proses instalasi software antivirus. Tujuan dari proses instalasi software antivirus adalah untuk melindungi komputer dari serangan virus yang nantinya bisa merusak komputer itu kembali. Antivirus dalam 2 jenis, yaitu antivirus untuk virus luar negeri dan antivirus untuk virus dalam negeri.

Selamat terakhir adalah proses instalasi software aplikasi. Install software aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan terlalu berlebihan dalam melakukan instal aplikasi yang tidak diperlukan. Hal tersebut bisa menyebabkan komputer menjadi cukup pelan dalam pekerjaan.

Demikianlah tutorial mengenai cara install ulang Windows yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.