Cara Instal Windows Dari Flashdisk Yang Mudah

By | October 1, 2017

Windows biasanya menjual produknya dalam bentuk kaset CD/DVD, karena dengan menggunakan CD/DVD maka proses menginstal Windows memang akan lebih praktis dan mudah. Akan tetapi saat ini banyak perangkat ultra portable maupun tablet yang tak didukung dengan adanya optical drive, sehingga tak bisa menginstalnya melalui CD/DVD, salah satu solusinya ialah menginstal Windows menggunakan flashdisk. Namun menginstal Windows dari flashdisk tidaklah sederhana, bagi anda yang ingin mencobanya simak cara instal windows dari flashdisk berikut ini.

Cara instal windows dari flashdisk

Cara instal windows dari flashdisk

Cara instal windows dari flashdisk yang pertama adalah siapkan File Windows dalam ekstensi ISO, Flashdisk minimal berukuran 4 GB atau 8 GB untuk 64 bit, serta software pembantu misalnya Refuse Bootable tools. Setelah semua disiapkan, langkah selanjutnya yakni membuat bootable menggunakan refuse bootable software. Colokkan Flashdisk lalu buka program refuse yang telah didownload. Selanjutnya klik create a bootable disk using ISO Image lalu cari file Windows ISO yang sudah disiapkan. Untuk pengaturan tetap biarkan default dan klik start untuk mulai membuat bootable dari flashdisk.

Cara instal windows dari flashdisk selanjutnya jika bootable telah dibuat, lalu setting bios biar booting dari USB. Pasang USB bootable yang sudah dibuat kedalam USB port di PC atau laptop kemudian Restart PC atau Laptop. Biasanya akan ada informasi untuk menekan tombol tertentu untuk masuk ke System Utilities atau BIOS. Berikut contohnya; “Press DEL to enter BIOS setup” atau “Press F2 for System Utilities”. Jika telah berhasil masuk setting bios lalu silahkan pergi ke tab boot, anda akan melihat flashdisk anda terdeteksi.

Cara instal windows dari flashdisk selanjutnya Pindah posisi flashdisk ke urutan teratas dengan menekan tombol +/- yang ada di keyboard, karena umumnya settingan default akan menempatkan hard drive di posisi paling atas. Setelah memilih flashdisk menjadi booting pada PC, kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan settingan dan keluar dari bios. Lalu tekan enter untuk konfirmasi perubahan setting tersebut. Selanjutnya laptop atau PC anda secara otomatis restart serta membaca file master windows yang sudah anda buat tadi.

Cara instal windows dari flashdisk selanjutnya, dalam keadaan flashdisk masih terpasang restart komputer dan seharusnya booting melalui flashdisk untuk mulai instalasi Windows. Lalu akan muncul logo Windows di layar, dan proses instalasi dimulai. Selanjutnya pilihlah bahasa yang hendak di gunakan pada operating system anda. Muncul tombol Instal Now lalu silahkan diteruskan, centang “I accept the license terms” lalu pilih Install Windows only (advanced), selanjutnya tentukan lokasi file system windows yang hendak diinstal, tunggu proses instalasi selesai. Pilih tombol “Use Express Settings”. Login dengan akun Microsoft anda, Selamat proses instalasi selesai.