Cara Instal Windows Server 2008 Yang Mudah Dan Aman

By | July 6, 2017

Windows server 2008 adalah salah satu jenis server dari windows dimana memiliki tampilan yang lebih elegant jika dibandingkan dengan windows server yang sebelumnya. Jika anda ingin menggunakan windows server 2008 ini yang perlu anda ketahui terdapat dua jenis yang berbeda yaitu proses instalasi secara lengkap dengan GUI ala Windows. Yang kedua adalah cara instalasi dengan menggunakan mode CLI. Untuk cara instalasi windows server 2008 kedua ini bisa menghemat sumberdaya pada perangkat anda. Nah, jika anda ingin menggunakan windows server 2008 ini, berikut cara instal windows server 2008 yang mudah.

Cara Instal Windows Server 2008

Cara instal windows server 2008 dengan menggunakan cara yang mudah

Cara yang mudah windows server 2008 adalah dengan menggunakan kaset CD. Cara ini bisa mengurangi berbagai resiko gagal saat menginstal windows server 2008. Cara instal windows server 2008 bisa anda mulai dengan masukkan CD dari windows server 2008 kepada CD-Room anda. Setelah itu restart computer anda. Setelah anda merestart computer anda maka akan muncul pesan “Press any key to boot from CD”, sesuai dengan perintahnya tekan saja sembarang tombol pada computer atau tekan enter.

Berikutnya computer anda pun akan muncul tampilan layar hitam dengan tulisan “Windows is loading files”. Cara instal windows server 2008 pun selanjutnya akan kembali memperlihatkan tampilan loading dengan tulisan Microsoft Corporation. Setelah selesai kemudian akan muncul jendela baru dengan tulisan “Language to Instal” yang berisi dengan bahasa yang akan digunakan, “Time and currency format” yaitu pilihan waktu dimana lokasi berada, “Keyboard or input method” yaitu pilihan keyboard yang akan digunakan. Untuk kolom-kolom ini pilih sesuai dengan kebutuhan kemudian klik Next.

Langkah selanjutnya untuk menginstal windows server 2008 di computer anda adalah akan muncul jendela baru “Instal Now”. Yang perlu dilakukan untuk jendela ini yaitu klik “Instal Now” pada tombol yang sudah disediakan. Masuk ke cara instal windows server 2008 berikutnya yaitu anda akan ditunjukkan dengan jendela baru dimana anda harus memasukkan product key. Jika anda memiliki product key nya maka masukkan ID produk ke kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik Next. Namun jika anda tidak memilikinya anda bisa memilih mode trial dan biarkan kotak untuk product key tetap kosong kemudian tekan install lalu tekan No.

Cara instal windows server 2008 berikutnya adalah pilih edisi Windows Server 2008 yang akan anda install anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda atau misalnya saja Windows Server 2008 Enterprise (Full Instalation) kemudian klik Next. Langkah berikutnya anda akan ditampilkan jendela tentang lisensi kemudian centang saja pada “I Accet the license terms” kemudian klik next. Setelah itu anda akan masuk ke jendela “Upgrade” yang juga bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Jika sudah, anda akan mendapatkan jendela windows dimana anda akan menginstal windows server 2008 ini kemudian klik next. Setelah itu computer akan ke restart sendiri kemudian masukkan password yang akan anda gunakan. Proses install pun selesai.