Cara Instal Windows Xp Dari Flashdisk Di Notebook

By | December 27, 2016

Apakah tiba tiba windows di netbook anda error dan tidak bisa booting? Jika iya maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan jalan instal ulang. Tapi masalahnya biasanya instal ulang menggunakan CD atau DVD, sedang di Netbook anda tak ada CD-romnya, kalau harus beli CD-ROM external harganya tentu mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut anda perlu tahu bagaimana cara instal ulang windows menggunakan flashdisk. Agar anda tak semakin pusing, simak cara instal windows xp dari flashdisk berikut ini.

Cara instal windows xp dari flashdisk

Cara instal windows xp dari flashdisk

Cara instal windows xp dari flashdisk mudah untuk dilakukan, pertama siapkan file .ISO windows, jika belum punya download dulu. Siapkan juga Flash disk berukuran 2GB, Software misalnya “rufus” untuk membuat bootable flashdisk. Setelah semua siap kemudian colokan flashdisk ke Netbook. Flashdisk yang anda gunakan sebaiknya minimal berukuran 2 GB dan pastikan untuk mengosongkan flashdisk karena flashdisk tersebut akan di format menjadi tempat untuk windows yang akan anda instal.

Cara instal windows xp dari flashdisk selanjutnya Buka rufus untuk membuat bootable device. Dari beragam program untuk pembuat flashdisk bootable, Rufus merupakan program yang paling cepat serta paling mudah digunakan. Jadi bagi anda khususnya para pemula, Rufus merupakan pilihan terbaik yang dapat digunakan untuk membuat flashdisk bootable. Oke lanjut saja, Jalankan Rufus lalu Pada Device, pilih flashdisk yang dijadikan menjadi flashdisk bootable. Selanjutnya pada File system, pilih NTFS atau FAT32, sedangkan pada Cluster size, pilih 4096. Kemudian pada New volume label, beri nama pada flashdisk bootable misalnya “Bootable Windows XP”

Cara instal windows xp dari flashdisk selanjutnya pada Format options centang Quick format lalu centang Create bootable disk using, selanjutnya pilih ISO Image lalu cari file ISO yang akan anda transfer ke flashdisk selanjutnya centang Create extended label and icon files dan Klik Start, selesai. Dan lanjut ke step instalasi, masukan Flash disk Ke Netbook sebelum dinyalakan. Kemudian Nyalakan Netbook, lalu masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 mungkin pada beberapa Netbook lain, dengan menekan Esc, Del, F1 atau F10.

Cara instal windows xp dari flashdisk selanjutnya cari Tab Boot di Menu dan Pilih setting Boot Pertama ke USB Flashdisk dengan menekan Page Up/Page Down atau tombol +/-, lalu Pilih Tab Exit dan Save, maka Netbook akan Restart. Instalasi Windows akan berjalan dan jika Instalasi Windows telah selesai, Netbook akan Restart, lalu Cabut Flashdisk kemudian Windows akan berjalan untuk Instalasi Lanjutan /Finalizing Installation. Tunggu hingga proses selesai, dan jika windows xp telah berjalan seperti biasa berarti proses instal windows xp dengan flashdisk yang anda lakukan sukses.