Cara Jumper Aki Mobil

By | December 18, 2013

Cara Jumper Aki Mobil – Aki tekor sebagai efek dari kelalaian pengecekan teratur? Anda baru dapat merasakannya pada waktu mobil udah mogok dengan kata lain tak dapat di start. Jumper aki yaitu jalan keluar popular serta praktis lantaran tampak gampang.

Gampang? Tak juga, Anda mesti waspada untuk memahami serta ikuti aturan pas cara men-jumper aki. Alih-alih ingin cepat, bisa bisa mobil anda jadi jadi korban. Urutan serta aturan yang kurang pas dalam men-jumper aki bisa jadi dapat menyebabkan fatal baik untuk aki itu sendiri, untuk system kelistrikan mobil, juga untuk keselamatan diri sendiri. Ikuti prosedur Cara Jumper Aki Mobil di bawah ini dengan seksama :

A. Safety first, pakai alat pengaman mata, sarung tangan, sepatu bersol karet. Yakinkan anda lakukan jumper diruang yang kering, tak dalam situasi hujan. Jauhkan dari cairan atau bahan bahan yang gampang terbakar. Jauhkan dari anak-anak.

B. Posisikan ke-2 kendaraan supaya battery keduanya mobil berdekatan serta dalam jangkauan kabel jumper dan cukup area buat anda untuk bekerja.

C. Mencari serta cermati Kutub positif serta kutub negatif aki pada mobil donor (mobil D) ataupun pada mobil penerima (mobil P).

D. Bersihkan ke-2 kutub positif serta negatif aki di ke-2 mobil, yakinkan terpasang kuat.

E. Ke-2 mobil pada posisi kunci kontak OFF.

Urutan menjumper yaitu sbg berikut :

  1. Jepitkan klem kabel jumper merah ke kutub positif mobil D, hubungkan dengan kutub positif mobil P. Yakinkan jepitannya kuat serta stabil.
  2. Jepitkan klem kabel jumper hitam pada kutub negatif, diawali pada mobil P lalu teruskan ke mobil D. Yakinkan jepitannya kuat serta stabil.
  3. Start mobil D, biarlah beberapa waktu supaya arus mengalir ke aki mobil P.
  4. Cobalah start mobil P.

Apabila mobil P sudah menyala, bebaskan kabel jumper NEGATIF terlebih dulu, baru lalu kabel jumper Positif.

Mobil P yang sudah sukses dihidupkan, diamkan beberapa waktu pada RPM 2000-2500 hingga berlangsung pengisian pada aki yang soak.

Matikan mesin mobil P, lalu coba start lagi, apabila gagal, anda mesti selekasnya ganti aki anda. Hubungi teknisi aki serta mintalah kontrol yang cermat dengan battery analyzer atau battery tester yang terukur. Janganlah menduga sangka tingkat kemampuan battery anda. Aki mobil sehat mesti mempunyai Voltase minimum 12, 30. Pada waktu pengisian, Voltase aki naik sampai 12. 80 atau lebih, berarti aki tetap dalam keadaan dapat terima serta menyimpan setrum. Aki dengan keadaan awal Voltase di bawah 11 Volt barangkali tetap dapat terima setrum, tetapi udah tak dapat menyimpannya untuk periode waktu lama.

Aki yaitu instrumen vital pada kendaraan sebagai penggerak awal, serta pemasok arus listrik keseluruh sisi elektronik mobil : Starter, Lampu, A/C, Wiper, ECU, Injection, Security sistem dan sebagainya. Senantiasa kerjakan pengecekan aki teratur serta berkala, janganlah tunggulah hingga mobil anda mogok.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih