Cara Lakukan Tune Up Mobil Sendiri

By | December 18, 2013

Cara Lakukan Tune Up Mobil Sendiri – Lakukan tune up atau kembalikan performa mobil tidak mesti ke bengkel, terutama apabila cuma untuk perawatan teratur. Anda cukup mengerjakannya sendiri dirumah. Tak hanya mudah, biayanya juga murah.  “Dengan catatan tak ada sisi didalam mesin yang punya masalah, ” papar Ade Bujang, modifikator GarasiAuto, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 11 Juli 2011.

Menurut Ade, kunci utama untuk kembalikan performa atau tenaga mobil yang sudah lebih dari satu bln. dipakai meniti perjalanan yaitu meyakinkan system pembakaran di area bakar kembali prima. “Tidak cuma pada mobil yang tetap memakai karburator, namun juga yang sudah menggunakan injektor. Piranti di pembakaran harus dibikin bersih, ” tutur dia.

Lalu apapun yang perlu dikerjakan? Dibawah ini penjelasan Ade.

1. Bersihkan saringan udara

Langkah pertama serta paling gampang dikerjakan yaitu bersihkan saringan atau filter angin (baca : Cara Menjaga Filter Angin Mobil). Caranya, lepaskan peranti itu dari wadahnya, lalu pakai kompresor atau peranti lain yang mempunyai dorongan angin tinggi.

Apabila tak ada peralatan seperti itu, Anda dapat memakai kuas lembut memiliki ukuran serempat. Lalu bersihkan kotoran yang melekat pada beberapa sel saluran angin itu.

Kemudian, pakai kipas angin serta tekan tombol ukuran hembusan angin paling tinggi. Hal semacam itu ditujukan supaya kotoran yang tetap melekat hilang.

Keadaan kebersihan saringan angin juga ikut memastikan hasil pembakaran. “Sebab angin yang kotor serta bercampur dengan bahan bakar mengakibatkan sistem pembakaran tak prima. Mengakibatkan, tenaga juga loyo, ” jelas Ade. Tetapi, apabila peranti itu telah benar-benar kotor, maka baiknya ditukar.

2. Bersihkan busi serta tukar apabila sudah aus

Sesudah bersihkan saringan angin, tahap selanjutnya yaitu bersihkan busi. Peranti ini benar-benar vital untuk sistem pembakaran bahan bakar serta angin di area bakar mesin untuk pemantik api.

Apabila sudah aus, maka percikan api tak lagi berlangsung. Mengakibatkan sistem pembakaran tak berlangsung serta mobil juga mogok. “Busi yang cuma memercikkan sedikit api juga mengakibatkan pembakaran tak prima, ” tutur Ade.

Tak hanya bersihkan sumbu serta kepala busi dengan menyikatnya, baiknya tingkat kerenggangan juga diatur kembali. Untuk tingkat kerenggangan itu, baiknya janganlah terlampau rapat serta janganlah terlampau longgar (baca : Panduan Menjaga Busi Mobil).

Apabila busi sudah aus, baiknya selekasnya diganti. Biasanya, penggunaan busi yang ideal yaitu 20–25 ribu km.. Saat sebelum menempatkan kembali busi ke tempatnya, semprot lubang busi dengan memakai carbon cleaner. Hal semacam itu ditujukan untuk bersihkan kerak atau sisa-sisa pembakaran di lubang itu.

3. Bersihkan karburator atau injektor

Dengan cara prinsip antara karburator serta injektor memiliki kesamaan kegunaan, yakni penyuplai bahan bakar ke area bakar mesin.

Apabila Anda mempunyai waktu serta kemauan, baiknya lakukan pembersihan di karburator. Caranya buka seluruh mur serta baut karburator, lalu buang bekas bahan bakar yang ada. Pakai kuas lembut memiliki ukuran kecil untuk menyingkirkan kotoran yang ada, lalu basuh bagian-bagian atau komponen yang ada di peranti itu dengan memakai bensin atau solar (baca : Cara Menjaga Karburator Mobil).

Sesudah bersih, gunakan kembali atur kerenggangan klep, pelampung, dan yakinkan lubang karburator tidak terhalang.

Apabila mobil Anda sudah memakai injektor, maka lepas filter angin yang menuju ke Thtrottle Body (TB). Pada waktu bersamaan, hidupkan mesin mobil serta semprotkan injector cleaner ke throttle itu. “Semprotkan sampai tiga perempat isi kaleng serta yang perlu diingat waktu menyemprot itu mesin mobil mesti dihidupkan, lebih kurang 15 menit, ” kata Ade.

Cairan carbon cleaner ataupun injector cleaner sangat banyak di jual di beberapa toko onderdil atau aksesori mobil. Sangat banyak merk, mutu, serta harga yang di tawarkan.

4. Kerjakan entakan tekanan ke area bakar

Cara untuk lakukan entakan ini, Anda cukup menghidupkan mesin mobil. Lalu, injak pedal gas sampai tingkat paling dalam. Kerjakan cara tersebut empat sampai lima kali.

Apabila Anda hendak memperoleh ukuran yang pasti perihal injakan pedal gas itu, gunakanlah indikator yang ada pada mobil. Injak pedal gas sampai jarum penunjukan RPM (tingkat putaran mesin per menit) tunjukkan posisi paling tinggi atau redline.

 “Cara itu untuk merontokkan kerak atau kotoran di saluran bahan bakar serta area bakar mesin hingga sistem pembakaran dapat kembali prima, ” jelas Ade.

Kemudian, biarlah mesin terus menyala serta dalam keadaan stationer atau terus langsam. Apabila sudah berjalan 5–10 menit, Anda dapat mematikannya serta sistem tune up juga usai.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih