Cara Lan Komputer Secara Sederhana

By | January 21, 2016

Cara lan komputer secara sederhana – Lan atau local area network merupakan sebuah jaringan komputer yang terdiri minimal dua komputer. Tujuan dari pembuatan lan adalah untuk mempermudah berbagai macam kegiatan dalam berkomputer, yang mulai dari kegiatan mencetak sampai dengan kegiatan transfer data. Dengan adanya lan maka efektivitas dan penghematan dalam menggunakan komputer akan semakin bagus.

Dari latar belakang tersebutlah tentunya kita membutuhkan panduan untuk membuat lan komputer sehingga kita bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang disediakan oleh lan tersebut. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa minimal jumlah komputer yang akan dihubungkan di dalam lan adalah dua komputer. Untuk itulah anda harus mempersiapkan berbagai macam peralatan tambahan yang nantinya akan diperlukan pada proses membuat jaringan lan komputer secara sederhana.

Beberapa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan untuk membuat lan komputer secara sederhana:

  1. Konektor lan RJ45
  2. Tang crimping
  3. Kabel dengan panjang secukupnya
  4. Cutter atau gunting
  5. Lan tester

Setelah anda mempersiapkan berbagai macam alat yang diperlukan untuk membuat jaringan lan komputer, maka langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan jaringan lan tersebut. Berikut adalah urutannya.

  1. Langkah pertama pastikan terlebih dahulu bahwa komputer yang akan digabungkan atau disambungkan ke dalam jaringan lan tersebut sudah memiliki lan card atau kartu jaringan.
  2. Setelah itu anda bisa melanjutkan untuk membuat kabel lan dengan menggunakan kabel utp dan memasang konektor lan RJ45 di masing-masing ujungnya. Apabila anda menghubungkan hanya dua komputer saja maka anda harus menggunakan konfigurasi kabel crossover.
  3. Apabila anda sudah berhasil membuat kabel penghubung model crossover, maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba terhadap kabel yang ada buat menggunakan lan tester. Silahkan anda pasang ujung yang satu dengan ujung yang lain menggunakan lan tester tersebut.
  4. Apabila lampu yang ada pada lan tester menyala semua secara bergantian, kabel yang anda buat untuk menghubungkan komputer dalam jaringan tersebut sudah dalam kondisi baik dan berhasil.
  5. Setelah itu anda bisa mencoba untuk menghubungkan ke dua komputer menggunakan kabel yang anda buat tersebut.
  6. Lakukan beberapa konfigurasi pada jaringan komputer pada kartu jaringan yang terpasang pada masing-masing komputer, mulai dari ip address,sub mask net dan beberapa konfigurasi lainnya.
  7. Dan selesai, anda bisa memanfaatkan komputer yang terhubung dalam lan tersebut untuk berbagai macam keperluan.

Demikianlah sekilas tutorial mengenai cara melawan komputer secara sederhana namun bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi pengguna komputer dalam jaringan. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.