Cara melihat spesifikasi komputer

By | June 28, 2017

Cara melihat spesifikasi komputer – Melihat spesifikasi komputer diperlukan pada saat kita membeli komputer baik dalam kondisi baru maupun bekas. Namun kebanyakan cara melihat spesifikasi komputer tersebut memang diperlukan ketika kita membeli komputer dalam kondisi bekas, lantaran membeli komputer dalam kondisi bekas tidak dicantumkan manual book dimana manual book tersebut berisi spesifikasi komputer secara lengkap.

Berbeda ketika kita membeli komputer dalam kondisi baru, biasanya spesifikasi lengkap sudah tercantum ada manual book ataupun pada dus yang digunakan untuk pembungkusnya. Namun terlepas dari apakah kita membeli komputer dalam kondisi baru maupun bekas ada baiknya kita mengetahui cara melihat spesifikasi komputer guna lebih mengerti mengenai performa dari komputer yang kita hendak beli.

Untuk melihat spesifikasi komputer kita tidak memerlukan software tambahan selain tool yang disediakan di Windows. Hal tersebut dikarenakan Windows itu sendiri sudah menyertakan beberapa tool yang berfungsi untuk melihat spesifikasi komputer dengan cukup namun perlu digarisbawahi adalah apabila anda menginginkan untuk bisa melihat spesifikasi komputer lebih details maka anda memang membutuhkan software tambahan.

Untuk memulai proses melihat spesifikasi komputer, maka langkah pertama anda bisa klik tombol start, kemudian klik kanan icon computer, kemudian pilih menu properties. Saya akan dimunculkan akan berisi beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer secara umum. Pada jendela tersebut ditampilkan beberapa informasi mengenai tipe prosesor serta kecepatan yang dimilikinya, kapasitas ram yang terpasang, platform dari sistem operasi yang digunakan apakah 32 bit atau 64 bit.

Apabila anda menginginkan untuk bisa melihat spesifikasi komputer lebih details, maka anda bisa melakukannya dengan cara klik tombol restart, kemudian pilih menu run. Langkah selanjutnya silakan anda ketik perintah dxdiag, lalu lanjutkan dengan menekan tombol enter. Setelah itu akan dimunculkan sebuah jendela directx diagnostic tool. Banyak sekali informasi mengenai spesifikasi komputer. Dari situlah anda bisa melihat spesifikasi komputer yang hendak anda beli atau yang sudah anda miliki.

Apabila anda ingin menggunakan software tambahan guna melakukan pengecekan spesifikasi komputer lebih cepat lagi, anda bisa memanfaatkan software dengan nama everest. Silahkan anda gunakan mesin pencari untuk mendapatkan software tersebut.

Demikianlah tutorial mengenai cara melihat spesifikasi komputer yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan pengecekan terhadap berbagai macam perangkat keras dan perangkat lunak yang terpasang di dalam komputer itu sendiri. Terima kasih atas kunjungan anda, mudah-mudahan bermanfaat.