Cara membersihkan komputer dari virus

By | September 12, 2016

Cara membersihkan komputer dari virus – Membersihkan komputer dari virus merupakan sebuah kewajiban bagi pengguna komputer apabila komputer yang digunakan sudah terlanjur terinfeksi oleh virus. Namun bagi pengguna awam kadangkala merasa bingung ketika ingin melakukan pembersihan komputer dari virus tersebut. Dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk berbagi ilmu dengan anda mengenai cara membersihkan komputer dari virus.

Untuk bisa melakukan pembersihan komputer dari virus tentunya kita harus mengenali terlebih dahulu jenis virus yang menyerang pada komputer itu sendiri. Apakah virus tersebut berasal dari luar negeri atau berasal dari dalam negeri. Hal tersebut berkaitan dengan proses pemilihan antivirus yang kita bisa manfaatkan untuk membersihkan komputer dari virus tersebut.

Ciri khas yang menandakan apakah virus yang menyerang komputer tersebut berasal dari luar negeri atau dalam negeri dilihat dari nama yang digunakan pada virus tersebut. Apabila nama virus tersebut menggunakan istilah luar negeri maka biasanya virus tersebut dibuat di luar negeri dan tentunya kita bisa memanfaatkan software antivirus yang berasal dari luar negeri. Begitu juga sebaliknya, apabila virus tersebut mengandung nama lokal, maka kita bisa memanfaatkan software antivirus dalam negeri untuk melakukan pembersihan komputer tersebut.

Untuk membersihkan komputer dari virus luar negeri kita bisa memanfaatkan software antivirus luar negeri seperti software antivirus avira, software antivirus avg antivirus norton, software antivirus eset, dan software antivirus luar negeri lainnya. Begitu juga apabila kita ingin membersihkan komputer dari virus dalam negeri, maka kita bisa menggunakan software antivirus seperti smadav. Masing-masing software antivirus itu bisa anda download pada situs resminya guna mendapatkan antivirus yang terbaru dimana antivirus tersebut mampu mengenali varian atau jenis virus terbaru juga.

Setelah anda berhasil mendownload antivirus tersebut maka langkah selanjutnya adalah dengan menginstal kedua antivirus tersebut ke dalam sistem komputer yang di gunakan. Melakukan scanning secara full seluruh partisi yang ada di dalam komputer tersebut menggunakan software antivirus luar negeri dan software antivirus dalam negeri. Setelah selesai maka biasanya berbagai macam virus yang terdeteksi akan ditampilkan. Lakukan remove secara total terhadap virus yang terdeteksi baik menggunakan antivirus luar negeri maupun antivirus dalam negeri.

Apabila anda tidak bisa melakukan remove virus pada Windows normal, maka anda bisa melakukan pengulangan scanning virus pada safe mode. Biasanya proses scanning virus pada sel mode akan bisa dilakukan lebih mudah karena virus masih dalam kondisi tidak aktif.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara membersihkan komputer dari virus yang bisa anda coba terapkan guna menjadikan komputer anda terbebas dari berbagai macam masalah virus. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.