Cara membersihkan virus komputer

By | July 20, 2017

Cara membersihkan virus komputer – Virus komputer tentunya akan sangat mengganggu kita pada saat bekerja menggunakan komputer. Untuk itulah apabila virus komputer sudah dirasakan masuk ke dalam komputer maka alangkah baiknya jika kita langsung berusaha membersihkan virus komputer tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membersihkan virus komputer guna menjadikan komputer tersebut bisa bekerja secara normal kembali.

Cara termudah yang bisa kita lakukan untuk membersihkan virus komputer adalah dengan memanfaatkan software antivirus yang sekarang sudah banyak beredar di internet untuk lebih memaksimalkan cara membersihkan virus komputer tersebut, maka dibutuhkan 2 antivirus sekaligus, yaitu antivirus untuk virus luar negeri dan antivirus untuk virus dalam negeri. Tujuannya adalah supaya seluruh jenis virus bisa terdeteksi dengan sempurna dan nantinya bisa dibersihkan dengan sempurna juga.

Untuk virus komputer luar negeri maka kita bisa memanfaatkan antivirus luar negeri yang sekarang ini sudah banyak beredar di internet mulai dari antivirus avg, antivirus avira antivirus eset, antivirus norton dan berbagai macam antivirus luar negeri lainnya. Antivirus yang terbaik? Tidak ada antivirus yang terbaik, yang terbaik adalah antivirus yang update dan tentunya memiliki database virus yang paling baru.

Untuk itulah sangat disarankan dalam hal membersihkan virus komputer tersebut anda menggunakan antivirus terbaru yang bisa anda download langsung pada website resminya. Atau apabila komputer anda sudah terinstall software antivirus, maka bisa anda lakukan update manual antivirus tersebut.

Selanjutnya untuk antivirus dalam negeri anda bisa menggunakan software smadav antivirus atau pcmav antivirus. Kedua jenis antivirus lokal tersebut memiliki performa dan kemampuan yang cukup bagus dalam mengenali antivirus lokal sekaligus kemampuan untuk meremovenya. Anda bisa menggunakan salah satu dari antivirus lokal tersebut guna memproteksi komputer dari serangan virus lokal.

Setelah anda melakukan penginstalan software antivirus tersebut, maka langkah selanjutnya adalah melakukan scanning secara full pada seluruh bagian komputer. Gunakan satu persatu antivirus untuk melakukan scanning komputer mulai dari partisi pertama sampai dengan partisi terakhir. Lebih baik anda memanfaatkan software antivirus luar negeri untuk melakukan scanning virus komputer terlebih dahulu. Selanjutnya setelah itu baru memanfaatkan sumber antivirus lokal guna melengkapi kinerja dari antivirus luar negeri tersebut.

Apabila antivirus tersebut menemukan banyak virus yang menginfeksi komputer, maka langkah terakhir adalah dengan melakukan pembersihan virus di komputer tersebut dengan cara meremove virus yang terdeteksi tersebut. Setelah itu maka seluruh virus yang menyerang pada komputer bisa bersih dan tentunya langkah selanjutnya adalah anda cukup melakukan proteksi saja pada komputer yang bersangkutan.

Lakukan scanning pada berbagai macam media penyimpanan ketika dimasukkan ke dalam komputer, baik itu flashdisk maupun CD dan DVD. Dengan melakukan proses scanning media penyimpanan secara rutin maka diharapkan virus yang masuk ke dalam komputer bisa diminimalisir.

Demikianlah tutorial mengenai cara membersihkan virus komputer secara cepat dan mudah dengan memanfaatkan sabar antivirus. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.