Cara membuat agar Flash Disk tidak terbaca di windows

By | October 29, 2012

Cara membuat agar flash disk tidak terbaca di windowscorelita.com – pernahkan komputer anda digunakan oleh orang lain untuk membaca Flash Disk ? kadang-kadang kita juga tidak tenang ketika teman kita menggunakan Flash Disk dikomputer kita, takut Flash Disk tersebut mengandung virus, dan lebih parahnya takut Flash Disk tersebut digunakan untuk mengkopy file-file yang ada di komputer kita.

Mungkin kita bisa menegurnya secara langsung, tetapi karena yang menggunakan adalah teman dekat, maka perasaan tidak enak pasti ada dan lebih baik mengurungkannya. Nah, ada cara lebih tersembunyi yang bisa kita coba untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan cara blok/membuat flash disk tidak bisa terbaca pada saat di masukan ke port USB komputer.

Dengan menggunakan fungsi dan fitur dari gpedit, kita bisa membuat agar flash disk tidak bisa terbaca, berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan panggil GPEDIT dengan cara klik start menu, kemudian klik/pilih menu RUN. Setelah jendela RUN terbuka, ketik GPEDIT.MSC
  2. Silahkan tunggu beberapa saat, nanti jendela Local Group Policy Editor akan terbuka. Silahkan tuju ke Administrative Template, lanjutkan dengan memilih bagian System.
  3. Lanjutkan dengan mencari Removable Storage Access
  4. Perhatikan jendela sebelah kanan, disitu terdapat banyak sekali pengaturan untuk perangkat yang masuk kedalam golongan perangkat removable, seperti CD/DVD dan USB Flash Disk
  5. Untuk memblok USB Flashdisk dan media storage lainnya double klik pada setingan Removable Disks: Deny Read Access dan ubah setingannya dari Not Configure atau Disable menjadi Enable. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  6. Agar flash disk tidak terdeteksi pada saat dimasukan, lakukan setting berikut :pada setting removable discs, pada menu Deny Read Access ubah settingannya menjadi Enable dari menu sebelumnya yaitu Not Configure atau disable.
  7. Klik OK untuk menutup sekaligus mengaplikasikan perubahan GPEDIT tersebut.
  8. Jika diperlukan, silahkan restart komputer anda

Untuk mencoba apakah sudah bekerja atau belum setting GPEDIT tadi, silahkan masukan flash disk atau kartu memory/memory card, jika tidak terbaca, berarta anda sukses dalam mengubah konfigurasi GPEDIT.

Demikian informasi singkat dari corelita.com kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi pengujung semua, terima kasih dan selamat mencoba.