Cara Membuat Bakso Daging Sapi Nikmat

By | December 25, 2013

Cara Membuat Bakso Daging Sapi Nikmat – Resep langkah bikin bakso daging sapi yg enak, lezat dan mantab. Seperti rata-rata, bakso sampai saat ini terus jadi makanan favorite kebanyakan orang di indonesia. Baik wanita, lelaki, anak-anak dan orang tua lalu terdapat beberapa yg suka dngn yg namanya bakso, terutama bakso daging sapi. Rasa daging sapi yg tedapat pada bulatan/pentol bakso memanglah jadi ciri khas masakan yg tidak lagi bisa dilupakan. Dan bisa saja buat anda ketagihan dngn kata lain kecanduan.

Langkah bikin bakso daging sapi yg enak nyatanya pun gampang, sebagian komposisi yg dibutuhkan lalu dapat disebut cukup simpel dan gampang didapatkan. Saya yakini ibu-ibu atau mbak yg di rumah pasti bisa untuk buat bakso. Yup waktu ini waktunya cobalah praktik segera yah, siapkan sebagian komposisi dibawah ini.

Komposisi yang dibutuhkan :

  1. 1 kilogram daging sapi giling
  2. 1 ons tepung kanji
  3. 6 siung bwng putih
  4. 1 sdm garam
  5. 1/2 sdt merica bubuk
  6. penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Bakso

  1. Haluskan bwng putih, silakan tumbuk atau blender.
  2. Campur bwng putih yg telah dihaluskan ke dlm adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekalian tepung kanji.
  3. Aduk & uleni adonan itu sampai rata lebih kurang 10 menit
  4. Sesudah adonan tercampur rata setelah itu bentuklah jadi bulatan-bulatan dngn memakai tangan sesuai dngn ukuran yg anda kehendaki, upayakan supaya ukurannya tdk terlalu besar agar dapat masak dengan cara lebih rata & cepat. Nah di sini saya meyakini anda dapat untuk bikin bulatan bakso.
  5. Masukkan bulatan bakso yg anda bikin ke dlm air panas, lalu rebuslah ke dlm air yg mendidih sampai masak. Tanda bakso yg sudah masak yaitu mengapung di permukaan air yg mendidih. Sistem perebusan umumnya menggunakan waktu 10-15 menit.
  6. Angkat bakso yg sudah masak & tiriskan dlm suhu ruangan.

Komposisi bikin kuah bakso

  1. Tulang sapi
  2. Air

Bumbu kuah bakso

  1. Bwng putih 5 siung, goreng & haluskan
  2. Bwng merah 4 siung, goreng & haluskan
  3. Bwng goreng 1/2 sendok makan, haluskan
  4. gula 2 sendok teh
  5. garam 1 sendok makan
  6. lada 1/2 sdt
  7. daun bwng 4 batang, ambillah sisi putihnya, irislah halus
  8. kaldu sapi instan, 2 sendok teh

Cara Membuat Kuah Bakso

  1. Rebus air bersama-sama tulang & semua bumbunya hingga mendidih & tulangnya jadi masak.
  2. Bila telah masak, kecilkan apinya & setelah itu anda telah dapat menghidangkan bakso berbarengan kuahnya.

Nah sekian tadi yaitu resep & komposisi langkah bikin bakso yg benar-benar nikmat & pas untuk di sajikan berbarengan keluarga Anda saat masih hangat. & bakal lebih nikmat lagi bila Anda imbuhkan tahu, seledri & yg yang lain hingga bakso yg Anda bikin makin menarik untuk dimakan. Semoga suskses bikin bakso ya…