Cara membuat jaringan komputer

By | October 31, 2017

Cara membuat jaringan komputer – Perkembangan dunia komputer saat ini cukuplah pesat, termasuk di dalamnya adalah perkembangan jaringan komputer. Banyak sekali model dari jaringan komputer untuk saat ini terlepas dari fungsinya yang sangat bermanfaat yaitu untuk mempermudah proses koneksi antar komputer. Mengacu pada manfaat yang sangat bagus yaitu mempermudah proses koneksi antar komputer, maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai cara membuat jaringan komputer sederhana yang bisa kita aplikasikan.

Untuk membuat jaringan komputer diperlukan berbagai macam alat dan bahan guna menunjang dan mempermudah proses pembuatan jaringan komputer tersebut. Alat-alat yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu mulai dari tang crimping, konektor rj45, kabel utp, sampai dengan lan tester. Semua peralatan dan bahan tersebut tentunya wajib disiapkan guna mempermudah proses pembuatan jaringan komputer. Apabila anda ingin menghubungkan dan membuat jaringan komputer lebih dari 2 komputer, maka anda juga membutuhkan peralatan tambahan dengan nama hub atau switch.

Langkah selanjutnya setelah kita menyediakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan adalah dengan memasang pengkabelan yang dibutuhkan. Ada dua versi pengkabelan yang dibutuhkan yaitu crossover dan straight. Kedua jenis pengkabelan tersebut tentunya disesuaikan dengan jenis koneksi jaringan komputer yang hendak digunakan. Apabila anda hanya ingin menggunakan jaringan komputer tersebut untuk dua komputer, maka anda menggunakan pengkabelan jenis crossover. Namun apabila anda ingin menghubungkan banyak komputer di dalam jaringan, maka anda menggunakan pengambilan straight.

Kedua pengkabelan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, jadi pastikan bahwa pengkabelan yang anda pilih sesuai dengan tipe jaringan yang hendak dibangun. Apabila terjadi kekeliruan dalam pemilihan pengkabelan biasanya proses koneksi antar komputer akan sulit terjadi. Setelah proses penggabungan selesai maka langkah selanjutnya adalah proses setting ip yang bisa anda lakukan secara software lewat network connection yang disediakan di control panel.

Berikan alamat ip yang berbeda untuk masing-masing komputer guna menjadikan masing-masing komputer bisa terkoneksi dengan mudah. Contoh alamat ip yang sering digunakan adalah 192.168.0.1. Kemudian untuk komputer yang lain menggunakan alamat ip yang berbeda hanya bagian paling belakangnya saja. Selain itu pastikan bahwa workgroup untuk jaringan tersebut adalah sama.

Setelah anda melakukan beberapa konfigurasi diatas maka proses membuat jaringan komputer yang selesai. Setelah itu anda tentunya bisa memanfaatkan jaringan komputer tersebut untuk berbagai macam keperluan, mulai dari sharing data, sharing printer, dan kebutuhan yang lainnya berkaitan dengan jaringan komputer.

Sekian tutorial mengenai cara membuat jaringan komputer. Mudah-mudahan bisa dipahami dan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.