Cara Membuat Ketupat Lebaran

By | March 20, 2014

Cara Membuat Ketupat Lebaran – Ketupat Lebaran merupakan makanan utama hidangan lebaran. Bukan lebaran namanya bila tdk ada ketupat maupun lontong tersebut. Komposisi untuk membuat sangkar ketupatnya dapat dibeli jadi maupun di buat sendiri. Bila mahir membuatnya, tdk ada salahnya buat sendiri di waktu senggang & harga nya juga jadi lebih hemat. Beras yg dipakai bukan beras biasa namun beras untuk lontong. Marik kita buat ketupatnya yukz ..dan semoga berhasil.

Komposisi Resep Ketupat Lebaran

  1. Tiga kilogram beras untuk lontong
  2. dua puluh sangkar ketupat ukuran sedang, rendam dlm air

Langkah Membuat Ketupat Lebaran

  1. Beras untuk lontong dicuci bersih, tiriskan & lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Tiriskan sangkar ketupat.
  3. Masukkan ke dalamnya beras lontong. Bila berisi sudah 1/2 dari volume sangkar ketupat, tutup, kemudian tusuk dngn pisau sisi ujung tutupnya, masukkan helai daun ketupat yg satu ke bagian yg ditusuk tadi kemudian tarik & ketupat juga tertutup dngn rata.
  4. Masukkan dua belas buah ketupat ke dlm presto (sejenis panci gitu), kemudian tutup panci dngn benar & rebus sampai benar-benar matang kurang lebih selama satu jam.
  5. Bila memakai dandang biasa, merebus sampai matangnya kurang lebih empat sampai dengan enam  jam.

Panduan :

  1. Pakai hanya beras yg untuk membuat lontong.
  2. Ketupat cuma tahan dua sampai tiga hari, karenanya dimasaknya sedikit saja & sekedarnya.
  3. Memasak dngn presto lebih cepat & menghemat waktu.
  4. Lebih bagus ketupat dimasak paling akhir saja sesudah hidangan lebaran yg yang lain.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih