Cara Membuat Kolak Ketan Durian

By | April 22, 2014

Cara Membuat Kolak Ketan Durian – Buah Durian adalah buah yg fenomenal. Durian banyak yg menyukainya, banyak pun yg tdk. Terlebih diluar negeri sana, buah tersebut masih begitu asing & dikira aneh. Baunya yg khas membuat beberapa pengagum durian jadi ketagihan. Durian Dapat disantap langsung, jadikan permen, cake, juice, & kreatif masakan yang lain. corelita.com menyajikannya dngn masakan ala Medan yakni buah durian dikolak dngn ketan. Hendak cobalah? Silakan saja dan semoga berhasil.

Komposisi Resep Kolak Ketan Durian

  1. satu durian ukuran sedang, dagingnya tebal
  2. setengah kilogram ketan
  3. satu ons gula merah
  4. Dua ratus mili liter santan instan
  5. Seratus lima puluh gr gula pasir maupun sesuai selera
  6. air sediakan secukupnya

Langkah Membuat Kolak Ketan Durian

  1. Ketan dibikin bersih, kemudian dikukus. Ada dua langkah yg kami menawarkan. Perdana, bila cuma ada dandang, ketan di rendam dahulu dlm air selama kurang lebih dua jam, kemudian dikukus dlm dandang sampai benar-benar matang. Langkah ke-2 yakni bila memiliki magic jar, masak ketan dngn banyak air setinggi lebih sedikit dari ketannya, sedikit saja, kemudian masak sampai benar-benar matang. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Durian dikupas, kemudian tempatkan semua isinya (dagingnya janganlah dibuang dari bijinya) ke dlm piring. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Berikutnya anda buat kuah kolaknya. Rebus gula merah dngn air, kemudian saring sampai memperoleh satu gelas gula merah cair, kurang lebih Dua ratus mili liter.
  4. Simpan kembali gula merah cair ke dlm panci rebusan tadi. Rebus lagi diatas api sedang & tambahkan santan instan.
  5. Masukkan gula pasir, cocokkan manisnya dngn lidah keluarga.
  6. Masukkan buah duriannya, kemudian aduk-aduk terus agar tdk pecah santan.
  7. Sesudah mendidih, baru diaduk sesekali. Masak sampai semua daging durian lepas dari bijinya.
  8. Langkah penyajian untuk perseorangan :
  9. Persiapkan mangkok cantik, masukkan beberapa sendok ketan.
  10. Sirami dngn kuah kolak tadi beserta daging durian yg telah agak hancur & bijinya pula.
  11. Hidangkan dalam kondisi hangat.

Panduan :

  1. Biji durian enak pula untuk disantap seperti biji nangka.
  2. Bila ketan matangnya telah habis, sementara kuah kolaknya masih ada, dapat dimakan dngn roti tawar pula.
  3. Tdk ada efek masalah jenis-jenis durian. Yg terutama yaitu pastikan durian yg dagingnya tidak tipis agar kolaknya jadi kental & lebih enak.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih