Cara Membuat Naskah Drama | Corelita
Cara Membuat Naskah Drama

Cara Membuat Naskah Drama

Cara Membuat Naskah Drama – Drama termasuk jenis tulisan sastra dimana dipentaskan buat masyarakat. Oleh sebab itu,,pada dasarnya, cerita drama berisi mengenai kejadian maupun peristiwa yg berlangsung di masyarakat. Pada umumnya drama menceritakan mengenai kemiskinan, perjuangan hidup, dan cinta untuk orang tua. Agar drama yg anda tampilkan bagus, perihal paling penting yg wajib diperhatikan yaitu naskah drama itu sendiri. Naskah drama wajib manarik sehingga pesan berkaitan yg hendak anda sampaikan bisa diterima dgn benar oleh para penonton.

Dibawah ini merupakan teknik mambuat naskah drama:

# Pemilihan topik

Amatilah tentang yg sering berlangsung di dalam sekeliling anda. itu dapat menjadi inspirasi buat memilih topik dari drama yg hendak anda tampilkan.

# Penetapan tokoh, latar, serta sudut pandang

Setelah anda memastikan topik dari drama yg hendak anda tampilkan, berikutnya anda merancang latar, tokoh cerita, serta sudut pandang

# Tentukan Plot cerita

Cara membuat naskah drama menyerupai dengan cara membuat cerita lainnya. Guna memastikan plot cerita, anda wajib menyusun ringkasan cerita (dimana terdiri dari bagian awal, tengah, serta penutup). lalu anda wajib mengidentifikasikan unsur drama yg anda tulis. Contoh —> Tema: Kebiakn dibalas dgn kejahatan. Tokoh: Budi (tokoh utama), Bapak Budi (tengah sakit), serta pemilik tas yg dicopet. Latar: pasar kecamatan. Sudut pandang cerita: sudut pandang orang ketiga (Bu Sastro).

# Membuat rancangan teks awal

Sesudah keseluruhan tindakan tersebut selesai, lalu anda wajib menyusun keragka alur maupun urutan cerita. Pikirkan apa yg bakal terjadi, kapan terjadi, serta bagaimana terjadi.

# Tulis naskah penutup

Sesudah selesai membuat naskah, koreksi lah kemudian buat perbaikan jika dibutuhkan. Lalu pelajari naskah drama itu dari awal hingga penutup. Sesudah yakin tdk butuh ada revisi, drama dapat dipertunjukkan. jangan abaikan supaya menentukan tokoh dimana sesuai dgn watak pada cerita drama itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih

Leave a Reply