Cara Membuat Peyek Kacang Tanah (Kuping)

By | April 19, 2014

Cara Membuat Peyek Kacang Tanah (Kuping) – Peyek Kacang Tanah maupun di daerah Kuningan – Jawa Barat di kenal dngn arti Kuping yaitu makanan ringan publik yg banyak disukai oleh banyak orang. corelita.com bakal menyajikannya saat ini beserta resepnya. Memakai kacang tanah kering berkwalitas tinggi & di beri aroma wangi daun jeruk. Peyek Kacang Tanah pas pula disantap dngn nasi putih hangat. Silakan dipraktekan!

Komposisi Resep Peyek Kacang Tanah (Kuping)

  1. satu kilogram kacang tanah
  2. satu setengah kilogram tepung beras, diayak
  3. tiga ratus tujuh puluh lima gr tepung tapioka, diayak
  4. Dua ltr santan
  5. Dua btr telur ayam, dikocok lepas
  6. empat puluh lembar daun jeruk, irislah tipis
  7. garam sediakan secukupnya
  8. minyak goreng sediakan secukupnya

Bumbu halus :

  1. lima puluh gr bwng putih
  2. lima puluh gr kencur
  3. satu sdm ketumbar

Langkah Membuat Peyek Kacang Tanah (Kuping)

  1. Kacang tanah dipotong jadi 2 bagian. Pilih yg masih bagus kondisinya. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Campur tepung beras dngn tepung tapioka, aduk sampai rata. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Semua komposisi bumbu digiling memakai chopper sampai halus.
  4. Persiapkan mangkok besar, masukkan santan, bumbu yg telah dihaluskan, telur ayam yg telah dikocok & irisan daun jeruk. Beri garam secukupnya & aduk sampai tercampur rata.
  5. Panaskan minyak goreng dlm wajan yg besar.
  6. Berikutnya persiapkan mangkok ukuran sedang, ambillah sedikit kombinasi tepung, tambahkan kacang tanah & beri kombinasi santan secukupnya, sampai adonan jadi agak encer.
  7. Lalu bikin tipis adonan peyek kacang tanah di pinggir-pinggir kuali saja memakai sendok biasa. Sirami peyek itu dngn minyak goreng sampai lepas.
  8. Ulangilah langkah tujuh sampai muatan kuali penuh dngn peyek kacang tanah. Goreng sampai benar-benar matang & tdk butuh hingga kecokelatan. Goreng memakai api sedang.
  9. Ulangilah langkah enam sampai adonan habis seluruhnya. Teruskan dngn langkah tujuh & delapan.
  10. Taruh di dlm toples & tutup sesudah peyek dingin.

Panduan :

  1. Pilih kacang tanah yg berkwalitas tinggi, masih bagus kondisinya.
  2. Pada langkah enam, kerjakan sedikit demi sedikit untuk kombinasi adonannya, pas dngn volume mangkok yg Kita miliki. hal ini ditujukan supaya Kita gampang dlm menggoreng peyek kacang tanahnya.
  3. Waktu menggoreng peyek, bakal ada rempahannya. Janganlah dibuang, bisa jadikan sbg camilan pula, terlebih bila Kita doyan konsumsi bakso.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih