Cara Membuat Rangkaian Alarm Kolam

By | September 7, 2013

Cara Membuat Rangkaian Alarm Kolam – Apabila anda mempunyai sebuah kolam, baik itu kolam renang maupun kolam ikan, pastinya mesti waspada supaya jangan sampai terjadi anak kecil terjatuh ke dalam kolam maupun ada pencuri ikan yang masuk ke kolam saat malam hari. Untuk melindungi perihal ini anda mesti menempatkan alarm. Menggunakan  rangkaian alarm kolam ini kita dapat coba meng-aplikasikan alarm ke dalam wujud serta manfaat yang tidak sama. Umumnya selama ini kita ketahui bila alarm itu dipakai buat bel pintu atau sinyal kebakaran.

Alarm ini dapat membangunkan anda jika ada orang yang masuk ke didalam kolam saat malam hari. Pada rangkaian alarm kolam ini sebagai alat sensornya yaitu terdiri dari 2 buah batang probe di mana yang satu diletakkan didalam air serta yang satunya lagi diatur sedemikian rupa hingga kenaikan air bisa segera menyentuh probe tersebut jika ada orang yang masuk atau tercebur ke didalam kolam.

Tampilan gambar skema rangkaian alarm kolam

Daftar komponen elektronika yang dibutuhkan:

R1 = resistor dengan nilai 62k

R2 = resistor dengan nilai 510 ohm

Q1, q2 = transistor dengan type 2n461

Q3 = transistor dengan type 2n2256

X1 = dioda dengan type 1n536

K1 = relay spdt 6 vdc atau yang sejenis lainnya

M1 = baterai dengan nilai 6 vdc

M2 = baterai dengan nilai 1, 5 vdc

M3 = bel alarm atau buzzer 1, 5 vdc

S1 = saklar spst

Alarm pada rangkaian alarm kolam ini mesti diletakkan pada posisi yang bisa didengar di seluruh area didalam rumah. Bila perihal ini mustahil, anda bisa menempatkan sejumlah buzzer di mana di antaranya diletakkan di depan area tidur anda. Untuk perhatian, untuk anda yang memiliki kolam baiknya mengatur supaya kolam tersebut tidak membahayakan di waktu anda tengah tak ada di rumah. Yang sangat baik yaitu kolam tersebut ditutup dengan kawat kasa atau yang sejenisnya.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih