Cara Membuat Rangkaian Amplifier Gitar Serta Mikrofon

By | September 7, 2013

Cara Membuat Rangkaian Amplifier Gitar Serta Mikrofon – Rangkaian amplifier gitar serta mikrofon ini adalah audio power amplifier simpel yang bekerja dengan gitar serta mikrofon, berikan daya output lebih kurang 20w atas beban impedansi 4 ohm. Rangkaian penguat dibuat di pada bagian ic tda2005m serta sebagian komponen diskrit. Rangkaian ini cuma memakai satu potensiometer ( Vr1 ). tda2005m didalam konfigurasi bridge adalah IC murah yang sediakan daya yang cukup serta berkwalitas untuk amplifier audio portabel. Gain diatur ke 50 db serta bisa dikurangi bila dibutuhkan. Bandwidth pada -3 db yaitu 40 hz hingga sampai dengan melebihi 20 khz. Keseluruhan distorsi selaras ( thd ) s/d 15w maksimum 1 %.

Rangkaian amplifier gitar serta mikrofon mempunyai dua input : satu untuk mikrofon ( Mic1 ) serta yang lain untuk pickup gitar ( Con1 ). Saat saklar S1 ditutup, mikrofon kondensor dipakai sebagai input. Jarak pada speaker serta mikrofon memastikan volume serta suara. Gain dari panggung dengan T1 dapat naik jadi lebih kurang 120. Untuk turunkannya, dengan langkah kurangi nilai R4 atau menambah nilai Vr1. Konektor Con1 adalah input impedansi tinggi gitar pick-up. Input resistor R7 mempunyai nilai lebih kurang 1 mega-ohm yang bisa diturunkan jadi 500 kilo-ohm, nilai yang cukup baik untuk pickup paling pasif. Kabel pada gitar dengan pickup pasif serta Con1 mesti panjang 1, 5-1, 8 mtr. Input Con1 mesti di-ground-kan apabila tidak dipakai. Didalam lingkungan yang penuh desis elektromagnetik, ini dapat jadi amat bermanfaat. T1 transistor mesti mempunyai rating kebisingan 4 db atau lebih rendah, gain dc tinggi 420-800, serta arus kolektor lebih kurang 0, 5 ma. Transistor yang pas yaitu Bc109c, Bc547, Bc549c serta Bc550c. PN2222A juga bisa dipakai.

Tampilan gambar skema rangkaian amplifier gitar serta mikrofon

Rangkaian ini bekerja pada range 12v-18v maupun adaptor 3a, bergantung pada daya output yang dibutuhkan serta ketahanan beban yang digunakan. Didalam seluruh masalah, batas catu daya maksimum dari ic mesti dipatuhi. Puncak ic tda2005m memakai heat-sink dengan resistansi termal lebih rendah dari atau sama juga dengan 4 ┬░ c / w. Atau, pakai plat logam aluminium tidak tipis sekurang-kurangnya 2 mm dengan luas permukaan sekurang-kurangnya 200 cm2. Kapasitor elektrolit serta transistor tidak mesti diletakkan terlampau dekat dengan heat-sink. Menyambungkan output amplifier ke speaker 4 ohm, 20w. Keseluruhan distorsi selaras ( thd ) pada 20w yaitu lebih kurang 10 %, yang cukup baik untuk alat penguat sederhana serta murah. Desis dan noises tidak terdengar. Rangkaian amplifier gitar serta mikrofon ini fleksibel serta bisa dipaskan dengan beragam sumber sinyal serta aplikasi.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih