Cara Membuat Rangkaian Bel Pintu Polyponik

By | September 6, 2013

Cara Membuat Rangkaian Bel Pintu Polyponik РBel pintu polyponik yaitu skema elektronik berbentuk bel yang dapat mengeluarkan/menghasilkan sebagian suara saat bel ditekan. Inspirasi pembuatan bel pintu polyponik ini berawal saat saya memakai kembali ponsel lama yang masih tersimpan di mana ponsel ini cuma dapat mengeluarkan suara polyponik, bukan hanya mp3 sebagaiamana ponsel saat ini. Di lain pembahasan, umumnya bel pintu juga cuma dapat menghasilkan satu suara bila berbunyi. Atas permasalah tersebut bel pintu poliponik selanjutnya ada dalam pikiran saya untuk dibuat.

IC UM3481 yaitu ic penyebab multitone pada bel pintu polyponik. IC ini berikan delapan lagu merdu sepanjang 2 menit. Pada tiap-tiap penekanan tombol dapat berikan suara baru yang selalu berlanjut hingga melodi berakhir. Rangkaian ini terlampau simpel serta dapat dioperasikan oleh baterai. Bel pintu poliponik memakai generator melodi popular IC UM3481.

Contoh skema rangkaian bel pintu poliponik

Skema bel pintu polyponik memakai pembangkit melodi popular IC UM3481. Ic ini membuahkan suara musik layaknya jingle bell, dan beberapa lagu populer lainnya. IC UM 3482 membuahkan 12 suara nada. Kapasitor C1 serta resistor R2 yaitu komponen osilasi. Pin1 bisa dipicu baik oleh arus searah atau bolak-balik. AC tegangan rendah disini diaplikasikan untuk menjadikan pin 1 melewati R1 serta D1. Sebagai catatan, skema tersambung ke tegangan AC tinggi. Janganlah menyentuh sisi rangkaian saat diaktifkan untuk hindari surprise yang tidak diinginkan, he….

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih