Cara Membuat Rangkaian Mematikan Lampu Kamar Mandi Otomatis

By | September 5, 2013

Cara Membuat Rangkaian Mematikan Lampu Kamar Mandi Otomatis – Rangkaian mematikan lampu kamar mandi otomatis yaitu rangkaian elektronika yang bisa mematikan lampu dengan otomatis pada saat yang sudah ditetapkan. Adapun tujuan membuat rangkaian ini sesungguhnya sebagai usaha menghemat air, listrik serta waktu. Bukan rahasia lagi beberapa orang suka berlama-lama ada di kamar mandi, walau sebenarnya mengggunakan waktu lima hingga sepuluh menit saja buat acara mandi serta gosok gigi dapat selesai lho.

Faedah dari rangkaian mematikan lampu kamar mandi otomatis

Rangkaian mematikan lampu kamar mandi otomatis yaitu termasuk rangkaian handal, berdaya rendah, fleksibel serta simpel. Rangkaian mematikan lampu kamar mandi otomatis ini memakai komponen utama ic timer ne555 yang dapat mematikan lampu sesudah waktu yang telah disetting. Sedangkan kelebihan utama dari rangkaian mematikan lampu kamar mandi otomatis ini yaitu :

  1. Saat ada seorang yang berada di kamar mandi maka dengan otomatis dapat memadamkan lampu sesudah waktu yang sudah disetting, hingga menghemat listrik.
  2. Sesudah timer nonaktif itu tak bakal lagi me-reset otomatis hingga kita memasok listrik.
  3. Mengonsumsi listrik yang kecil  sehingga baterai yang dipakai akan bertahan lebih lama.
  4. Menyediakan sarana untuk mengatur waktu cocok dengan keperluan.
  5. Gampang untuk me-mount disebabkan komponen yang jarang dipakai didalam sirkuit.

Pada rangkaian mematikan lampu kamar mandi otomatis ini manfaat dari ic 555 yaitu sebagai satu timer tembakan di mana waktu periode bisa dengan gampang dihitung dengan t = 1. 1 * r1 * c1. Di mana t didalam detik, r yaitu didalam ohm serta c didalam farad.

Langkah kerja rangkaian pemadam lampu kamar mandi otomatis

Saat orang pingin memakai kamar mandi, itu dapat menekan saklar sesaat. Segera sesudah saklar ditekan, relai terhubung ke pin 3 dari ic1 serta switch “pada“ sinar terhubung ke relay. Sesudah waktu yang ditentukan, output timer dapat turun serta isi relai hingga switching “off“ beban terhubung ke relai. Pada rangkaian ini anda bisa mngeset waktu dengan pertolongan vr1 serta mengkalkulasi periode waktu dari rumus diatas.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih