Cara Membuat Rangkaian Pemerpanjang Umur Monitor CRT Komputer

By | September 8, 2013

Cara membuat rangkaian pemerpanjang umur monitor CRT komputer – Rangkaian pemerpanjang umur monitor adalah rangkaian yang dirancang membuat perlindungan monitor pc  dari overheating ( kepanasan ). Dianjurkan untuk memakai rangkaian ini pada monitor pc  yang kerap anda gunakan ! Umumnya monitor PC type CRT rusak dikarenakan over heating. Sesudah satu atau dua jam pemakaian, sisi belakang monitor bisa alami panas lebih kurang 45 derajat celcius atau 20 derajat diatas suhu lingkungan. Sebagian besar panas datang dari driver vga, rangkaian horisontal, vertikal serta rangkaian power supply. Yang paling baik langkah untuk mengekstrak panas hingga memperpanjang periode gunakan monitor ( serta menyelamatkan lingkungan ) yaitu menambahkan kipas brushless, yang lebih mudah, irit daya serta lebih efektif dari pada kipas biasa.

Pada rangkaian pemerpanjang umur monitor, dioda D2, D3 serta D4 rasakan suhu monitor. Dioda ini mempunyai keseluruhan koefisien temperatur negatif dari 6 mv per derajat celcius. Untuk menyingkirkan kebisingan, kawat terlindung mesti dipakai untuk menghubungkan dari sensor suhu ke sensor rangkaian. Tegangan suplai +12- v dipinjam dari power supply PC. Atau, adaptor listrik dengan output 12 vdc bisa dipakai. C1 serta c2 yaitu kapasitor decoupling untuk menyingkirkan riak yang dikembangkan oleh saklar maupun osilasi. R1 berikan bias arus untuk D1, dioda zener 6-v yang melakukan tindakan sebagai referensi pada pin bukan hanya pembalik opamp ic2. B.

Tampilan gambar skema rangkaian pemerpanjang umur monitor

Nah, bila anda memakai rangkaian pemerpanjang umur monitor ini pada monitor PC ( komputer ), maka umur penggunaan monitor ini dapat awet serta tahan lama karena ketika suhu monitor mulai meningkat dengan otomatis rangkaian dapat bekerja. Rangkaian ini dapat segera turunkan suhu monitor hingga tidak over heating. Untuk anda yang mempunyai pc serta tetap memakai monitor jenis lawas dengan kata lain monitor tabung ( bukan hanya monitor lcd ), baiknya segera memakai rangkaian ini. Dijamin tidak nyesel lho ! ! !

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih