Cara Membuat Rangkaian skema Lampu Malam

By | December 6, 2013

Cara Membuat Rangkaian/skema Lampu Malam – Anda bisa membawa lampu malam berbasis LED putih tersebut di acara piknik Anda. Rangkaian/skema Lampu Malam tersebut mempunyai pemicu nada & sarana push-to-on & berikan sinar yg cukup selama berjalan-jalan pada malam hari. Lampu tersebut pun bakal bermanfaat dlm mendapatkan pintu tenda dlm kegelapan. Suatu click dari jari-jari bakal menyalakan lampu sepanjang tiga menit untuk menolong Anda pada tempat yg aneh.

Rangkaian/skema Lampu Malam memakai IC-daya rendah untuk menghemat daya baterai. JFET op-amp TL071 (IC1) menguatkan suara yg dijemput oleh mikrofon kondensor. Resistor/hambatan dengan ukuran R1 & nilai kapasitor C1 (0. 22μF) rendah bikin penguat peka pada frekuensi nada yg benar-benar rendah, menyingkirkan kemungkinan memicu palsu. VR1 dipakai untuk mengatur sensitivitas mikrofon & VR2 sesuaikan gain dari IC1. Diperkuat Output dari IC1 dipadukan untuk menyebabkan pin 2 dari IC2, yg menjadi monostable multivibrator yg di bangun daya rendah IC timer CMOS 7555.

Resistor/hambatan dengan ukuran R4 melindungi input pin pemicu 2 dari monostable yg umumnya tinggi tidak ada input pemicu. Elemen waktu R6 & C4 berikan penundaan waktu 3 menit. Mereset pin 4 dari IC2 terhubung ke rel positif melewati R5 & rel negatif melewati C2 sediakan manfaat power-on-reset. Output dari IC2 men-dayakan LED putih (LED1) melewati ballast resistor/hambatan dengan ukuran R7. Rangkaian/skema Lampu Malam bisa dngn gampang dirakit di papan PCB berlubang. Bikin perakitan rangkaian/skema sekecil mungkin untuk ditempatkan dlm casing/wadah kecil. Pakai tiga sel pena sinar 1. 5V untuk daya rangkaian/skema. Cocokkan VR1 & VR2 untuk memperoleh sensitivitas yg cukup dari IC1. Saklar S1 bisa dipakai untuk menyalakan lampu seperti obor.