Cara Membuat Rangkaian skema Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

By | December 6, 2013

Cara Membuat Rangkaian/skema Pembangkit Listrik Tenaga Matahari – Keperluan akan daya listrik makin meningkat dari th. ke th.. Betapa tdk, semua barang keperluan manusia memakai listrik (aliran listrik) sbg sumber catu dayanya. Untuk penuhi pasokan keperluan listik maka dibangunlah pembangkit listik, salah satunya pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga diesel, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga nuklir, & pembangkit listrik tenaga matahari. Matahari yaitu sumber daya alami yg tdk ada habis-habisnya. Berdasar sebagian riset, daya matahari dapat dirubah jadi daya listrik seperti dlm Rangkaian/skema Pembangkit Listrik Tenaga Matahari tersebut.

Cahaya matahari terus-menerus menyinari bumi. Hal tersebut dapat kita gunakan untuk jadikan sumber listrik hingga dapat irit listrik. Maklum senantiasa ada kenaikan tarif dasar listrik dlm kurun waktu tertentu. Di bawah ini saya lampirkan satu diantara rangkaian/skema pembangkit listrik simpel memakai cahaya matahari. Rangkaian/skema Pembangkit Listrik Tenaga Matahari tersebut dapat Anda bikin sendiri & digunakan untuk isi accu motor atau untuk lampu darurat (emergency).

Menurut rangkaian/skema di atas, cahaya matahari di terima oleh panel surya lalu di proses jadi tenaga listrik, tetapi tenaga listrik yg dihasilkan dari tiap-tiap panel tersebut masih terlampau kecil. Dari 8 Cell Panel yg dirangkai dengan cara seri cuma dapat membuahkan tegangan/voltage sekitar 4 Volt dngn arus 200 mA. Oleh karenanya dibutuhkan suatu rangkaian/skema elektronik guna menambah tegangan/voltage & arus yg cukup hingga dapat jadikan sbg Charger Baterai.

Rangakain elektronik di atas melakukan tindakan sbg rangkaian/skema inverter DC ke DC (DC to DC Inverter) yg di bangun oleh 2 buah kapasitor, 1 Resistor/hambatan dengan ukuran, 1 Transistor dengan tipe, 1 Dioda, & suatu kumparan. Rangkaian/skema di bangun dngn system oscilator tunggal yg terbagi dalam transistor dengan tipe & suatu kumparan di mana di lilitan primer sejumlah 45 lilitan & pada lilitan sekunder sejumlah 15 sbg umpan balik untuk berikan tegangan/voltage pada output basis transistor dari lilitan primer yg dihubungkan dngn dioda & digunakan untuk pengisian baterai (charger). Apabila Rangkaian/skema Pembangkit Listrik Tenaga Matahari tersebut dihubungkan dngn lampu darurat maka bakal memperoleh tegangan/voltage yg cukup untuk penerangan pada malam hari dengan cara gratis lantaran di siang harinya accu tersebut di-charge oleh cahaya matahari.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih