Cara Membuat Rangkaian skema Radio Metal Detector

By | December 6, 2013

Cara Membuat Rangkaian/skema Radio Metal Detector – Rangkaian/skema Radio Metal Detector tersebut adalah pengembangan (inovasi) dari rangkaian/skema metal detektor umum. Sesuai dngn namanya, metal detektor, alat tersebut bisa mendeteksi kehadiran logam pada satu lokasi (tempat). Dngn demikian alat tersebut secara tdk langsung dapat temukan benda-benda hilang (tersembunyi) yg terbuat dari logam. Barangkali suatu saat Anda sempat kehilangan kunci garasi mobil, kunci brankas, atau kunci pintu pada sekitar rumah namun nyatanya susah untuk ditemukan. Atau uang koin Anda berceceran kemana-mana. Ini pun dapat diatasi menemukannya dngn pertolongan metal detektor.

Nah, bila Anda sudah tahu manfaat alat tersebut, kami meyakini Anda ingin mempunyai alat tersebut. Tenang, di postingan kali ini bakal kami kupas lho perihal Rangkaian/skema Radio Metal Detector. Rangkaian/skema detektor logam tersebut dirancang memakai transistor dengan tipe radio sbg detektor. Kumparan L1 pencarian dari detektor logam mesti mempunyai 18 lilitan dari kawat enamel 0, 65 mm dngn diameter 4 inci. Kapasitor C1 yaitu kapasitor variabel dngn nilai 365 pF, C2 yaitu kapasitor mika 100pF, C3 yaitu kapasitor 0, 05 UF & C4 yaitu kapasitor4, 7 UF. Transistor dengan tipe Q1 bisa memakai transistor dengan tipe NPN RCA SK3011 atau jenis sejenis & seluruhnya resistor/hambatan dengan ukuran mesti ¬Ĺ Watt.

Gambar Rangkaian/skema Radio Metal Detector

Dngn radio disetel ke lingkungan lemah Anda mesti sesuaikan variabel kapasitor C1 hingga osilator locator mengalahkan pada tanda yg di terima. Bila logam terdeteksi maka induktansi dari kumparan L1 berubah, merubah frekuensi osilator locator, menyebabkan pergantian dlm suara beat radio. Pada akhirnya, harapan kami, semoga Rangkaian/skema Radio Metal Detector tersebut berguna untuk Anda.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih