Cara Membuat Saluran Pembuangan Pada Printer Tinta Epson seri C90 | Corelita
Cara Membuat Saluran Pembuangan Pada Printer Tinta Epson seri C90

Cara Membuat Saluran Pembuangan Pada Printer Tinta Epson seri C90

Cara Membuat Saluran Pembuangan Pada Printer Tinta Epson seri C90 – corelita.com - Selain kendala tinta re-fill, keadaan yang sering merusak inkjet printer yaitu kelembaban pada bagian dalam casing printer ink-jet dimana disebabkan sisa tinta yang ditampung di dasar printer dengan media absorber-sponge. Apabila inkjet printer telah lama digunakan, media spon tersebut akan menjadi semakin becek serta lembab, dapat mengakibatkan jamur serta korosi komponen printer dimana terbuat dari metal serta memperpendek umur pakai inkjet printer tersebut.

Supaya umur pakai printer Epson bertambah awet, seharusnya semenjak dini dibuatkan saluran pembuangan tinta bekas(waste-ink) langsung keluar body printer. Sehingga tidak menyebabkan spon- penyerap tinta jadi becek serta lembab. Setelah itu secara berkala counter waste-ink di reset memakai program yang pas dan tepat supaya printer selalu bisa dimanfaatkan secara berkesinambungan.

Berikut ini merupakan prosedur singkat membuat saluran pembuangan yang dibutuhkan:

3 Peralatan serta Materials yang dibutuhkan :

  • pertama, Obeng plus besar serta obeng minus kecil.
  • Kedua, Botol plastik kecil dimana mudah diikat ke body printer. Misal saya memakai botol plastik bekas obat antiseptik Betadine.
  • Ketiga, Kawat maupun karet secukupnya buat mengikat botol waste-ink ke body printer.

Prosedur Melepas Casing serta Meletakkan Botol Pembuangan Tinta:

Pertama, Lepas 2 buah skrup di bagian belakang printer.

Kedua, Lepaskan pengunci case di sisi kanan serta kiri body printer, dengan memakai obeng minus kecil, di cungkil ke arah luar.

Ketiga, Tekan ke arah luar, casing yang mengunci pada belakang papers feeder. Terdapat empat buah hook pengunci. Hati-hati, jangan sampai patah. Lalu geser ke arah depan printer, untuk melepas hook pengunci bagian depan casing printer.

 

Keempat, Lepaskan selang saluran buangan tinta yang menuju ke Absorber- Sponge, sebagaimana pada gambar berikut ini: Selang diharuskan bebas, biar bisa dijulurkan ke luar body.

 

Kelima, Persiapkan botol plastik penampung tinta bekas. Bersihkan, bila memakai botol kecil bekas Betadine. Potong habis nosel botol plastik tersebut, biar selang buangan tinta bisa leluasa di sisipkan ke dalam tutup botol tersebut. Ikatkan dengan kawat kecil pada kisi-kisi body printer bagian kiri dari belakang (lihat gambar).

 

Keenam, Pasang kembali casing body printer bersamaan dgn menyisipkan selang waste-ink pas di atas botol plastik. Regangkan kisi ventilasi printer, biar selang tidak terjepit serta tinta dengan mudah mengalir keluar.


Ketujuh, Sisipkan ujung selang ke dalam tutup botol plastik, seperti pada gambar. Coba lakukan Head Cleaning. Sejumlah tinta bekas akan di pompa ke dalam botol plastik. finish, selamat mencoba, semoga berhasil.. !!

Leave a Reply