Cara Membuat Skema rangkaian Alarm Cahaya IC 555

By | June 19, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Alarm Cahaya IC 555 – Skema rangkaian alarm cahaya bisa dipakai sbg pengaman alat penyimpanan barang seperti laci maupun almari. Skema rangkaian alarm cahaya pada gambar di bawah bakal mensuply suara alarm jika sensor cahaya terima pancaran cahaya. Skema rangkaian alarm cahaya tersebut dipasang pada alat penyimpanan barang dibagian dlm yg kedap pada cahaya (gelap), hingga jika alat penyimpanan barang (laci, brangkas maupun almari) itu di buka & bagian dlm alat penyimpanan itu terima cahaya maka alarm bakal berbunyi. Skema rangkaian alarm cahaya tersebut memakai sumber tegangan/voltage +9 volt DC yg bisa di ambil dari suatu baterai +9 volt maupun sumber daya +9 volt. Skema rangkaian alarm cahaya secara lengkap bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Alarm Cahaya IC 555

Skema rangkaian alarm cahaya di atas di buat memakai skema rangkaian sensor cahaya berbentuk LDR & transistor dengan tipe sbg saklar yg berperan untuk mengaktifkan skema rangkaian astabil multivibrator IC NE555 sbg pembangkit bunyi. LDR pada skema rangkaian alarm cahaya tersebut bakal mensuply bias maju ke transistor hingga transistor ON & mensuply triger ke skema rangkaian multivibrator astabil yg menghidupkan pulsa dngn range frekuensi suara & dipakai untuk mengaktifkan loud speaker & pada waktu LDR tdk terima cahaya maka transistor dengan tipe BC158 tdk memperoleh bias maju hingga transistor itu OFF & skema rangkaian alarm IC NE555 tdk bekerja (tdk keluarkan suara). Manfaat VR 100 KOhm pada skema rangkaian alarm cahaya di atas yaitu sbg pengatur tingkat sensitifitas cahaya yg bisa mengaktifkan skema rangkaian alarm cahaya itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih