Cara Membuat Skema rangkaian Alarm Ketuk Sederhana

By | December 8, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Alarm Ketuk Sederhana – Skema/rangkaian Alarm Ketuk Sederhana adalah aplikasi alarm yg bakal kita ulas kali ini. Alarm yaitu alat yg dirancang untuk memperingatkan bakal ada bahaya atau kerusakan, baik yg bekerja dengan cara manual atau elektronik/automatis. Mengingat fungsinya itu, alarm tersebut dianjurkan untuk kita punyai.

Skema/rangkaian Alarm Ketuk Sederhana tersebut memakai sensor piezoelektrik tipis untuk rasakan getaran yg dihasilkan oleh ketukan permukaan, umpamanya, di pintu atau meja. Pada dasarnya, ketukan itu bakal menguatkan & mengolah sinyal dari sensor & membunyikan alarm untuk periode waktu yg sudah ditetapkan. Dlm operasi, sensor piezoelektrik merubah getaran mekanis jadi sinyal listrik. Sensor tersebut bisa ditempatkan pada pintu, kotak kas/brankas, almari, dan lain-lain dngn memakai perekat. Suatu kabel terlindung dngn panjang 1-1. 5 m bisa dikaitkan pada pelat sensor & input dari sirkuit. Tanda yg dihasilkan oleh sensor diperkuat oleh transistor Q1-Q3 sbg kabel penguat pancaran.

Gambar Skema/rangkaian Alarm Ketuk Sederhana

Sinyal itu lalu diperbaiki oleh dioda D1 & diperkuat oleh transistor Q4-Q6. Seperti diperlihatkan dlm gambar skema/rangkaian Alarm Ketuk Sederhana, output dari kolektor Q6 yg diumpankan ke pin 4 (reset) dari IC1 timer 555. Kabel tersebut sbg multivibrator astabil. Setiap saat Q6 menyala, kolektor naik & IC1 mengaktifkan & membuahkan suara alarm pada speaker. Alarm automatis mati sesudah mengetuk/ketukan berhenti yakni 10 detik, saat yg diperlukan untuk kapasitor/kondensator 22╬╝F di emitor Q4 untuk debit. Barangkali butuh untuk sesuaikan resistor/hambatan dengan ukuran 470 Ohm dlm skema/rangkaian kolektor Q6 untuk meyakinkan bahwasanya IC1 tetap mati dlm tdk ada ketukan kentara. Suatu nilai di mana pada 220 Ohm & 680 Ohm mesti pas.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih