Cara Membuat Skema rangkaian Alarm Sentuh

By | December 12, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Alarm Sentuh – Skema rangkaian alarm sentuh yaitu proyek anda kali ini yg menarik & mengasyikkan. Kami meyakini, Kita udah tidak asing lagi dngn yg namanya alarm. Alarm tersebut sangat banyak manfaat & gunanya dlm khidupan anda keseharian. Umumnya alarm tersebut dijadikan sbg suatu isyarat bakal seuatu hal. Dapat diterapkan jadi bel pintu, alarm maling, alarm jam kerja/belajar. Skema rangkaian alarm sentuh adalah skema rangkaian alarm di mana skema rangkaian tersebut dapat bekerja/aktif karena ada sentuhan tangan. Skema rangkaian tersebut lain dong dngn skema rangkaian alarm yg sempat Kita tengok & baca.

Langkah Kerja Skema rangkaian Alarm Sentuh

Skema rangkaian tersebut bisa bikin/membuahkan musik/melodi pada waktu menyentuh suatu tombol yg mengontrol logam. Saat tangan anda meraba titik sentuh, maka skema rangkaian bakal selekasnya membuahkan nada musik oleh IC1 UM66T di speaker piezo. Skema rangkaian tersebut memakai komponen dlm jumlah yg amat sedikit. Pas untuk pemula atau orang tua & anak-anak untuk merakit Skema rangkaian Alarm Sentuh tersebut bersama-sama guna menambah pengalaman pada bagian elektronika.

Dlm kisaran normal speaker tdk bakal bekerja waktu ditekan, namun tdk dngn titik A pada Q1 & Q2 bakal mengalir & bekerja, tegangan/voltage bias jatuh pada Resistor 2. & arus yg mengalir ke pin 2 dari IC1 bikin IC1 bekerja menghasilkan musik di luar tiga kaki dngn speaker Piezo melakukan tindakan sbg tanda untuk merubah musik. Untuk lebih jelasnya, silahkan tekuni gambar skema rangkaian Alarm Sentuh di bawah ini.

Gambar Skema rangkaian Alarm Sentuh

Daftar Komponen :

Kita ingin anak-anak Kita untuk bermain berbarengan sembari merakit skema rangkaian alarm sentuh. Mari anda tengok daftar komponennya.

1. IC1 memiliki tipe atau berukuran UM66TXX. Tengok daftar lagu ini :

UM66T-01L bisa membuat nada lagu Jingle Bells + Santa Claus Is Coming To Town + We Wish You A Merry Christmas

UM66T-05L bisa membuat nada lagu Home Sweet Home

UM66T-09L bisa membuat nada lagu Wedding March (Mendelssohn)

UM66T-19L bisa membuat nada lagu For Alice

UM66T-32L bisa membuat nada lagu Coo Coo Waltz

UM66T-68L bisa membuat nada lagu It Is A Small World

UM66T-05L bisa membuat nada lagu Home Sweet Home

UM66T-09L bisa membuat nada lagu Wedding March (Mendelssohn)

UM66T-19L bisa membuat nada lagu Untuk Alice

UM66T-32L bisa membuat nada lagu Coo Coo Waltz

UM66T-68L bisa membuat nada lagu It Is A Small World

2. Q1 memiliki tipe atau berukuran 2N3904 45V 100mA Transistor dengan tipe NPN

3. Q2 memiliki tipe atau berukuran 2N3906 45V 100mA Transistor dengan tipe PNP

4. Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 100K 1/4W Resistor

5. Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 10K 1/4W Resistor

6. Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 100 ohm 1/4W Resistor

7. Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 10uF 25V Kapasitor/kondensator Elektrolit

8. PZ1 memiliki tipe atau berukuran Piezo speaker

9. B1 memiliki tipe atau berukuran Baterai 1. 5V x 2

Pemakaian Skema rangkaian Alarm Sentuh

Skema rangkaian tersebut mempunyai banyak manfaat. Disamping dirakit hanya untuk sebatas mainan. Skema rangkaian tersebut pun bisa dikonversi ke peringatan atau pengingat. Saat anda menyentuh kenop pintu. Musik terdengar. Atau sesuai dngn style tali pada kenop pintu. Saat orang yg tdk di idamkan masuk kamar Kita, maka alarm bakal berbunyi. Ini merupakan langkah yg benar-benar nyaman & aman.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih