Cara Membuat Skema rangkaian Amplifier Speaker Aktif Stereo 80 Watt TDA2004

By | January 19, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Amplifier Speaker Aktif Stereo 80 Watt TDA2004 – Skema rangkaian speaker aktif pada gambar di bawah adalah amplifier yg kerap dipakai untuk membuat speaker aktif dngn daya output 80 watt. Skema rangkaian amplifier speaker aktif tersebut memakai power amplifier berbentuk IC TDA2004 yg dirangkai secara BTL (Bridge Tie Load) & bisa mensuply daya 40 watt untuk setiap chanelnya, hingga daya keseluruhan untuk skema rangkaian power amplifier stereo yaitu 2 x 40 watt.

Skema rangkaian amplifier speaker aktif stereo tersebut bisa bekerja di sumber tegangan/voltage +12 volt DC sampai + 15 volt DC. Untuk membuat speaker aktif dngn daya 80 watt itu bisa disimak gambar skema rangkaian & daftar komponen skema rangkaian amplifier speaker aktif stereo 80 watt dibawah ini.

Skema rangkaian Amplifier Speaker Aktif Stereo 80 Watt TDA2004

Skema rangkaian amplifier stereo 80 watt dngn IC TDA2004 yang ditunjukan pada gambar di atas adalah gambar sisi mono dari skema rangkaian stereonya. Skema rangkaian amplifier stereo 80 watt yang ditunjukan pada gambar di atas sudah penuhi prasyarat untuk dipakai sbg skema rangkaian amplifier di speaker aktif lantaran sudah dilengkapi dngn skema rangkaian pengatur suara (tone control) seperti yg diperlukan di speaker aktif. Pada dasarnya skema rangkaian amplifier speaker aktif stereo 80 watt TDA2004 yang ditunjukan pada gambar di atas terbagi dalam 2 sisi sbg berikut.

  • Sisi tone control, sisi tersebut berperan untuk mengatur suara sinyal audio saat sebelum dikuatkan oleh power amplifier. Di sisi tersebut suara bass & suara trebel bisa diatur tingkat penguatannya, demikian pula level sinyal secara keseluruhan diatur memakai kontrol volume. Skema rangkaian tone control untuk speaker aktif tersebut dilengkapi dngn tombol loudness untuk menaikkan kuat sinyal audio & balance untuk mengatur kesimbangan chanel L & chanel R sinyal audio stereo.
  • sisi power amplifier, sisi tersebut berperan untuk menguatkan sinyal audio hasil olahan tone control supaya bisa menggerakan speaker. Skema rangkaian power amplifier speaker aktif tersebut memakai IC TDA2004 yg dikonfigurasikan secara BTL supaya bisa memberikan daya output 40 watt setiap chanelnya hingga didapat daya output keseluruhan 80 watt

.

Gambar PCB Skema rangkaian Amplifier Speaker Aktif Stereo 80 Watt TDA2004

gambar yang ditunjukan pada gambar di atas yaitu PCB untuk membuat maupun merakit skema rangkaian amplifier speaker aktif stereo80 watt IC TDA2004 di gambar ragkaian yang ditunjukan pada gambar di atas. Untuk kurangi panas yg dihasilkan IC TDA2004 di waktu menguatkan sinyal audio, maka IC TDA2004 tersebut butuh dilengkapi dngn heat sink untuk buang panas pada IC TDA2004 itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih