Cara Membuat Skema rangkaian Audio Function Generator (AFG) 8038

By | April 10, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Audio Function Generator (AFG) 8038 – Audio Function Generator (AFG) yaitu piranti elektronika yg berperan untuk membangkitkan gelombang maupun sinyal audio dngn range frekuensi dari 20 Hz sampai 20 KHz sesuai range frekuensi audio. Skema rangkaian audio function generator (AFG) tersebut di buat memakai IC jenis 8038. IC jenis 8038 yaitu IC yg didesai spesial sbg IC pembangkit gelombang dngn 3 pilihan bentuk sinyal output sesuai pilihan yakni wujud gelombang sinus, kotak & segitiga.

Skema rangkaian AFG pada artikel tersebut bisa berikan output dngn 3 wujud gelombang yakni gelombang sinus, gelombang kotak & gelombang segitiga. Untuk membuat maupun merakit skema rangkaian audio function generator (AFG) dngn IC jenis 8038 tersebut bisa disimak gambar skema rangkaian & jenis komponen yg dipakai sbg berikut.

Gambar Skema rangkaian Audio Function Generator (AFG) 8038

Sisi pembangkit gelombang skema rangkaian AFG (audio function generator) pada rangkian di atas di bangun memakai IC jenis 8038 & sisi penguat sinyal di buat memakai IC jenis LF351. Untuk mengatur frekuensi output skema rangkaian AFG tersebut dikerjakan dngn mengatur tuas potensiometer 100 KOhm di IC 8038. Skema rangkaian AFG memakai IC jenis 8038 tersebut mempunyai output yg bisa diatur dari 20 Hz sampai 20KHz & dibagi dlm masing-masing range (4 taraf). Taraf penyusunan range frekuensi itu ditetapkan oleh nilai kapasitansi Capasitor 1 sampai Capasitor 4 yg bisa diambil menggunakan saklar selektor.

Lalu untuk menentukan bentuk gelombang output skema rangkaian AFG tersebut dikerjakan dngn menentukan maupun mengatur posisi saklar selektor shape di IC 8038. Untuk mengatur level tanda output skema rangkaian AFG bisa dikerjakan dngn mengtur posisi tuas potensiometer di IC LF351. Skema rangkaian AFG tersebut dioperasikan memakai sumber tegangan/voltage DC simetris ┬▒ 5 volt.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih