Cara Membuat Skema rangkaian Audio Selector 4 Chanel Stereo

By | March 7, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Audio Selector 4 Chanel Stereo – Skema rangkaian audio selector 4 chanel stereo tersebut berperan untuk menentukan jalur input audio yg terbagi dalam 4 line input stereo dngn 1 chanel output stereo. Skema rangkaian selector tersebut di buat memakai komponen utama berbentuk saklar elektronik IC CD4066 yg dikendalikan oleh ring counter IC CD4017 & multivibrator NE555. Skema rangkaian audio selsctor 4 chanel stereo tersebut dikontrol oleh suatu saklar push button untuk menentukan jalur input audio. Gambar skema rangkaian & komponen untuk membuat skema rangkaian audio selector 4 chanel stereo tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Audio Selector 4 Chanel Stereo

Skema rangkaian audio selector 4 chanel stereo pada gambar di atas bisa dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC + 9 volt DC. Skema rangkaian audio selector 4 chanel stereo pada gambar di atas dilengkapai dngn sebagian sarana sbg berikut.

  • 4 chanel input stereo
  • 4 chanel indikator
  • Stereo VU mtr. display
  • Saklar selektor
  • Output Stereo

Jalur input 4 chanel stereo di skema rangkaian audio selector tersebut yaitu jalur input A, B, C & D yg masing-masing stereo. Ke 4 jalur input stereo tersebut bisa diambil memakai saklar elektronik IC CD4066 yg dikendalikan lewat saklar selektor push button. Skema rangkaian audio selector 4 chanel tersebut terbagi dalam bagian-bagian yakni:

Saklar push button sbg tombol selector, saklar tersebut berperan untuk menentukan chanel input yg bakal dilewatkan. Pada prinsipnya penekanan tombol tersebut bakal menyebabkan skema rangkaian multivibrator NE555 untuk menghasilkan suatu pulsa penentuan.

Multivibrator NE555 yg berperan untuk menghasilkan pulsa seleksi menurut penekanan tombol push button itu. Pulsa selektor tersebut diberikan ke ring counter CD4017 untuk menentukan chanel memakai IC CD4066.

Indikator selektor berbentuk 4 buah LED yg bakal mengidentifikansikan jalur input yg diambil. 4 buah LED tersebut dikaitkan ke output ring counter CD4017 hingga bakal menyala sesuai jalur input yg diambil.

VU display stereo berperan untuk berikan tampilan level sinyal input yg diambil. Sisi tersebut memakai IC VU display stereo jenis KA2281.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih