Cara Membuat Skema rangkaian Ballast Elektronik Lampu TL

By | December 18, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Ballast Elektronik Lampu TL – Skema rangkaian ballast elektronik adalah pengganti dari travo ballast & mempunyai efisiensi daya yg jauh lebih bagus dari pada ballast travo. Skema rangkaian ballast elektronik dipakai di lampu TL hemat daya, sbg misal nilai efisiensi daya yg dihasilkan dari pemakaian skema rangkaian ballast elektronik tersebut bisa di lihat di lampu irit daya dngn konsumsi daya listrik 15 watt dapat membuahkan intensitas sinar setara lampu pijar 80 watt. Pemakaian skema rangkaian ballast elektronik tersebut banyak dipakai oleh produsen lampu TL philips, panasonic & yang lain. Dibawah ini yaitu satu diantara contoh skema rangkaian ballast elektronik untuk lampu TL.

Skema rangkaian Ballast Elektronik Lampu TL

Skema rangkaian ballas elektronik untuk lampu TL pada gambar di atas adalah skema rangkaian ballas elektronik jenis voltage source resonant. Pada dasarnya skema rangkaian ballas elektronika di atas terbagi dalam bagian-bagian sebagai berikut.

Rectifier, berperan untuk menyearahkan tegangan/voltage AC 220V jadi tegangan/voltage DC 220V. Sisi rectifier tersebut terbagi dalam dioda bridge & kapasitor/kondensator elektrolit.

Converter DC to AC, sisi converter DC to AC berperan untuk merubah tegangan/voltage DC220V jadi tegangan/voltage tinggi AC dikisaran 738 volt dngn frekuensi kerja 20 KHz sampai 60 KHz.

Skema rangkaian converter DC to AC di ballast elektronik di atas di bangun memakai 2 buah transistor dengan tipe power BUL45 & skema rangkaian resonator. Resonator frekuensi kerja skema rangkaian ballast elektronik di atas memakai konfigurasi R 470KOhm & kapasitor/kondensator 100nF. Frekuensi kerja skema rangkaian ballast elektronik pada gambar di atas ditetapkan oleh nilai resistor & kapasitor itu. Dngn memakai skema rangkaian ballast elektronik maka untuk menyalakan lampu TL tdk butuh memakai starter lampu TL.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih