Cara Membuat Skema rangkaian Bel Musik

By | December 9, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Bel Musik – Skema/rangkaian Bel Musik yaitu skema/rangkaian elektronika berbentuk bel yg dapat keluarkan nada musik atau suara. Skema/rangkaian tersebut dapat dipakai sbg bel pintu sehingga bila rumah kita kehadiran seorang, tamu umpamanya, kita bakal selekasnya tahu hadirnya orang itu sesudah bel berbunyi. Skema/rangkaian tersebut terhitung simpel & murah hingga Anda juga dapat berusaha untuk bikin sendiri. Dlm dunia elektronika sebetulnya sangat banyak type & wujud bel, tetapi kali ini kami hendak mengenalkan skema/rangkaian bel dngn wujud & prinsip kerja yg agak berlainan.

Skema/rangkaian tersebut yaitu skema/rangkaian bel musik dngn saklar sentuh & timer (pewaktu). Skema/rangkaian tersebut dirancang menurut IC CMOS CD4011 yg bekerja sbg penunda saat & IC UM66 yg populer sbg pembangkit nada musik. Saat pelat saklar tersentuh dngn tangan sesaat, skema/rangkaian bakal mulai menghasilkan nada musik. Cuma setelah periode waktu singkat (beberapa detik), nada musik dari skema/rangkaian tersebut dengan cara automatis bakal berhenti.

Gambar Skema/rangkaian Bel Musik Dngn Saklar Sentuh

Skema/rangkaian bel musik tersebut membutuhkan catu daya optimal +5 volt. IC UM66 tersebut tdk bisa bekerja di atas tegangan/voltage 3. 3 Volt. Regulator catu daya berbasis IC 7805 bisa Anda aplikasikan di skema/rangkaian tersebut. Untuk waktu menunda (time delay) dapat disesuaikan dngn mengubah nilai-nilai Resistor 2 & Capasitor 1. Memanglah di sini kita dituntut untuk selalu berkreasi guna memperoleh hasil yg prima yg pas dngn kemauan kita. Silahkan Anda cobalah & semoga sukses.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih