Cara Membuat Skema rangkaian Boster Antena TV UHF

By | February 4, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Boster Antena TV UHF – Skema rangkaian boster antena TV UHF tersebut berperan untuk menguatkan penerimaan sinyal oleh antena tv UHF. Skema rangkaian boster antena TV UHF tersebut cukup sederhana & cuma memakai penguat tegangan/voltage dngn 1 transistor. Skema rangkaian boster antena tv UHF tersebut bekerja pada range frekuensi radio 400 – 800 MHz. Impendansi input/masukan & output/keluaran skema rangkaian boster antena TV UHF pada gambar di bawah yaitu 75 Ω.

Skema rangkaian boster antena tv UHF tersebut bekerja dngn sumber tegangan/voltage +12 volt DC. Skema rangkaian boster antena kerap dipakai untuk tv di daerah yg jauh dari pemancar tv. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian boster antena TV UHF tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Boster Antena TV UHF

Skema rangkaian boster antena TV UHF di atas cukup sederhana, dngn sedikit komponen pasif & suatu penguat tegangan/voltage dngn 1 transistor. Skema rangkaian boster antena tersebut sederhana namun butuh kecermatan dlm pembuatan nya, terlebih dlm pembuatan PCB & penyolderan komponen. Hal tersebut lantaran boster antena TV tersebut bekerja pada frekuensi tinggi. Nilai L1, L2, L3 & L4 untuk skema rangkaian boster antena TV UHF di atas di buat dngn koker 3mm tanpa inti (inti udara) & koker inti ferit, di mana banyak lilitan yaitu :

L1, L2 memiliki tipe atau berukuran 2 gulung dngn kawat e mail 0, 5 mm pada koker 3 mm tanpa inti.

L3, L4 memiliki tipe atau berukuran 10 gulung dngn kawat e mail 0, 2 mm pada koker 3 mm inti ferit.

Setelah usai perakitan butuh dikerjakan seting bias tegangan/voltage basis transistor dengan tipe 2SC3358 dngn mengatur P1 5 KOhm lalu mengukur tegangan/voltage pada titik pertemuan Resistor 1 & Resistor 2 jadi 0, 85 volt. Jika terkendala dlm memperoleh transistor dengan tipe 2SC3358 maka transistor itu bisa ditukar dngn transistor dengan tipe 2SC3355. Skema rangkaian boster antena TV UHF tersebut butuh di tutup dngn kotak alumunium yg terhubung ke ground skema rangkaian boster antena TV UHF itu, hal tersebut mempunyai tujuan untuk mengamankan skema rangkaian boster antena tersebut dari interferensi gelombang elektromagnetik dari luar disamping sinyal pancara TV.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih