Cara Membuat Skema rangkaian Charger Accumulator (Aki) 12V Otomatis

By | August 2, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Charger Accumulator (Aki) 12V Otomatis – Skema rangkaian charger accumulator pada gambar di bawah bisa dipakai untuk isi ulang muatan listrik accumulator mobil. Skema rangkaian charger accumulator tersebut bisa isi muatan listrik accumulator (aki) 12 volt sampai penuh & automatis bakal menghentikan sistem pengisian batere 12 volt itu. Skema rangkaian charger batere (accumulator/aki) 12 volt tersebut memakai komponen utama berbentuk regulator tegangan/voltage LM350 & penguat operasional (Op-Amp) LM301. gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian charger batere (accumulator/aki) 12 volt automatis bisa disimak di gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Charger Accumulator (Aki) 12V Automatis

Gambar skema rangkaian di atas yaitu sisi kontrol chager batere (accumulator/aki) 12 volt automatis. sisi kontrol charger terbagi dalam skema rangkaian regulator tegangan/voltage & komparator untuk memantau level tegangan/voltage batere yg pada charge. Skema rangkaian charger batere (accumulator/aki) 12 volt tersebut bisa isi muatan accumultor & memantau level tegangan/voltage batere dan arus pengisian sampai penuh memakai skema rangkaian komparator LM301 hingga tdk berlangsung over charge.

Sesudah arus pengisian drop & level tegangan/voltage batere tercukupi maka komparator bakal mematikan regulator tegangan/voltage LM350 & menyalakan LED sbg indikator bahwasanya sistem pengisian batere (accumulator/aki) sudah penuh. Skema rangkaian charger accumulator (aki) 12 volt automatis tersebut terbagi dalam 2 sisi, sisi kontrol seperti pada gambar di atas & sisi power supply seperti gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Power Supply Charger Accumulator (Aki) 12V Automatis

Daftar Komponen Sisi Kontrol Charger

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 500 Ohm

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 3K Ohm

Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 1K Ohm

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 15 Ohm

Resistor 5 memiliki tipe atau berukuran 230 Ohm

Resistor 6 memiliki tipe atau berukuran 15K Ohm

Resistor 7 memiliki tipe atau berukuran 0. 2 Ohm

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 100nF

Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran 1uF 25V

Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 1nF

Dioda 1 memiliki tipe atau berukuran 1N457 Diode

Q1 memiliki tipe atau berukuran 2N2905

U1 memiliki tipe atau berukuran LM350

U2 memiliki tipe atau berukuran LM301A

S1 memiliki tipe atau berukuran Push Button

Daftar Komponen Sisi Power Supply

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 6800uF 25V

T1 memiliki tipe atau berukuran 3A 15V

BR1 memiliki tipe atau berukuran 10A 50V

S1 memiliki tipe atau berukuran SPST

F1 memiliki tipe atau berukuran 4A

Di skema rangkaian charger accumulator (aki) 12V automatis di atas dilengkapi dngn saklar S1 yg berperan untuk lakukan start pengisian bater (accumulator/aki) yg sudah dihubungkan. IC regulator tegangan/voltage LM350 butuh dilengkapi pendingin (heat sink) untuk buang panas yg dihasilkan di waktu sistem pengisian batere.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih