Cara Membuat Skema rangkaian Charger Baterai Basah (Aki) Automatis Dengan TRIAC

By | April 9, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Charger Baterai Basah (Aki) Automatis Dengan TRIAC – Power Supply Skema rangkaian charger pada gambar skema rangkaian di bawah berperan untuk mengisi muatan baterai basah (accumulator/aki) sampai penuh & bisa memutuskan sistem pengisian dengan cara automatis. Skema rangkaian charger baterai tersebut sedikit tidak sama dngn charger baterai (accumulator/aki) pada umumnya. Skema rangkaian charger tersebut memakai SCR sbg kontrol arus pengisian muatan listrik ke baterai dengan cara automatis. Skema rangkaian charger baterai dngn SCR tersebut cukup sederhana & gampang di buat. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian charger baterai basah automatis bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Charger Baterai Basah (Aki) Automatis Dngn TRIAC

Daftar Komponen Skema rangkaian Charger Baterai Basah (Aki) Automatis Dngn TRIAC

Skema rangkaian charger baterai basah (accumulator/aki) yang ditunjukan pada gambar di atas terdiri dari bagian-bagian sbg berikut.

  • Sisi rectifier, sisi tersebut berperan sbg penyearah tegangan/voltage AC jadi tegangan/voltage DC sekalian sbg power charger. Komponen utama sisi tersebut yaitu TRIAC Q1. TRIAC di sisi tersebut berperan untuk mengalirkan arus pengisian baterai yang berasal dari sumber tegangan/voltage.
  • Sisi kontrol, sisi tersebut befungsi memantau level tegangan/voltage & arus pengisian baterai. Di waktu arus pengisian turun & level tegangan/voltage baterai naik sbg indikasi baterai penuh maka sisi tersebut bakal memutuskan arus pengisian. Sisi kontrol tersebut disusun oleh konfigurasi SCR Q2 & pembagi tegangan/voltage Resistor 1, Resistor 2 & Resistor 3.
  • Sisi indikator, sisi tersebut berperan untuk berikan indikator bahwasanya sistem pengisian muatan ke baterai sudah penuh. Komponen utama sisi tersebut yaitu LED yg bakal menyala di waktu baterai sudah penuh & sistem pengisian sudah dihentikan dengan cara automatis.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih